Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdampak Gangguan Layanan PDAM, 25.000 Pelanggan Krisis Air

Kompas.com - 18/01/2019, 17:14 WIB
Andi Hartik,
Khairina

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Layanan penyaluran air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang terganggu. Akibatnya, sejumlah warga di Kota Malang mengalami krisis air bersih.

Gangguan penyaluran air bersih tersebut terjadi sejak beberapa waktu terakhir. Total, jumlah terdampak mencapai sekitar 25.000 pelanggan dari 161.000 pelanggan.

Untuk Jumat (18/1/2018), gangguan pelayanan air bersih terjadi di 24 daerah terdampak.

Diantaranya, di Jalan Ki Ageng Gribig, Jalan KH Malik, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan K Parseh, Perum Green Living, Bumi Ayu Arjowinangon dan Jalan Segaran. Selain itu juga ada Perum City Side, Sawojajar Ruko, Madyopuro dan Jalan Danau Rawa Pening.

Warga yang berdiam di daerah tersebut diminta untuk mengantisipasi dengan menampung air terlebih dahulu.

Sedangkan gangguan layanan air bersih itu akibat sistem penyediaan air minum wilayah pelayanan tandon buring bawah sedang low level atau suplai air tidak maksimal.

Baca juga: Revitalisasi Pipa PDAM Tirta Asasta, Pasokan Air Bersih di Sejumlah Perumahan di Depok Terhenti

Plt Dirut PDAM Kota Malang, Anita Sari mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya perbaikan supaya layanan air ke sejumlah pelanggan tetap maksimal. Salah satunya adalah dengan melakukan spey atau pembuangan angin di dalam pipa melalui jalur transmisi.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan flushing atau membuang kotoran yang berada di dalam pipa serta membersihkan stainer atau penyaring air di jaringan pipa transmisi tandon simpar menuju tandon buring atas.

Anita mengaku mendapati banyak sampah di saringan tersebut yang memicu hambatan laju air. Sampah itu diduga merupakan bekas perkakas saat proyek itu berlangsung.

"Sampah ini terindikasi sampah kayu bekas proyek. Ini sudah dijustifikasi bersama - sama bahwa ini bukan sampah pengunjung tapi sampah proyek," katanya di Kantor PDAM Kota Malang, Kota Malang, Jumat (18/1/2019).

Anita memprediksi gangguan layanan masih akan terus berlangsung dalam beberapa hari kedepan karena masih ada sampah yang tersisa.

"Terdeteksi anomali lagi. Karena kotoran - kotoran ini masih ada sisa," katanya.

Untuk menanggulangi krisis air oleh pelanggan yang terdampak, PDAM Kota Malang menyediakan bantuan air melalui mobil tangki.

Kompas TV Jumlah korban meninggal akibat tsunami Selat Sunda hingga hari ini berjumlah 437 orang, 16 orang hilang dan masih dalam pencarian. Sementara itu satu penyintas ditemukan selamat setelah 7 hari mengapung di lautan.<br /> Dua polisi terluka saat baku tembak dengan terduga teroris di Parigi Moutong, Sulteng. Mereka ditembaki saat akan mengevakuasi jenazah warga yang dibunuh teroris.<br /> Terpidana kasus korupsi PDAM Sidoarjo, Vigit Waluyo menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Sidoarjo. Vigit yang juga terduga kasus pengaturan skor liga 2 sepakbola langsung ditahan di Lapas kelas 1A Sidoarjo. Buron sejak Juni 2018 Vigit akan menjalani masa penahanan selama 1 tahun 6 bulan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com