Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pak, di Sini Tempatnya Sopir Tangki BBM Pertamina Parepare 'Kencing'..."

Kompas.com - 17/01/2019, 20:00 WIB
Suddin Syamsuddin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PAREPARE, KOMPAS. com - "Kencing" merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk tindakan mengambil minyak (BBM) dari sisa pengantaran tangki Pertamina, atau mencuri BBM  dari tangki yang hendak didistribusikan ke SPBU atau pelanggan. 

Istilah "kencing" ini dikenal di kalangan sopir tangki Pertamina. Di Kota Parepare, "kencing" bukan lagi menjadi rahasia umum. 

Perlaku sang para sopir tangki mencuri BBM menjadi pemandangan keseharian masyarakat Kota Parepare, utamanya di Pesisir Cempae, Kelurahan Wattang Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. 

“Di jalan ini pak, setiap hari, jika para sopir tangki hendak masuk ke Depot Pertamina Parepare. Mereka kerap mengambil minyak dari kerang tangki, walau hanya satu hingga dua liter saja,” kata Tahang, salah satu pengendara yang melintas, Rabu (16/01/2019).

Baca juga: Kencing di Rumah Makan, Supir Tangki Diciduk Polisi

Kelakuan "kencing" para sopir itu sempat terlihat oleh Humas Pertamina Region VII Sulselbar yang sedang menunggu pihak Kementerian ESDM. Mereka hendak meneliti tumpahan minyak di laut Cempae.

“Jika memang itu 'kencing' yang dilakukan para sopir tangki, saya akan koordinasikan kepada pihak Pertamina Parepare. Pihak Pertamina Parepare harus mengawasi itu, “ kata Humas Pertamina Region VII Makassar Haris, Rabu. 

Sejumlah wartawan Kota Parepare bahkan merekam kejadian pencurian BBM tersebut, sembari menunggu kedatangan pihak ESDM. 

Sebagaimana diketahui, Jalan Cempae sangat dekat dengan Depot Pertamina Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Jalan Pesisir Pantai itu merupakan jalur mobil tangki jika hendak masuk ke Depot Pertamina Kota Parepare. 

Baca juga: Ketahuan Selingkuh, Pria ini Ancam Bakar Diri di Atas Mobil Tangki BBM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com