Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Medis Terus Periksa Kesehatan Penderita Obesitas Berbobot 300 Kg

Kompas.com - 13/01/2019, 16:18 WIB
Kurnia Tarigan,
Khairina

Tim Redaksi

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Hasil pemeriksaan darah yang dilakukan tim medis menunjukkan, Titi Wati (37) alias Titin, penderita obesitas dengan berat badan hampir 300 kilogram memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi. 

Tim medis melakukan tindakan untuk bisa menekan dan menurunkan kadar gula dalam tubuh Titin, Minggu (13/1/2019).

Wakil Direktur Pendidikan dan Kemitraan RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya dr. Theodorus Sapta Atmadja MM mengatakan, dari hasil pemeriksaan darah, kadar gula Titin cukup tinggi.

Tim medis akan melakukan tindakan untuk bisa menekan tingginya kadar gula dalam tubuh Titin. Tujuannya, agar tidak menjadi penghambat untuk tindakan operasi penyempitan saluran pencernaan nantinya.

"Kami juga sudah meminta bantuan dokter ahli gizi dari Fakuktas Kedokteran Universitas Palangkaraya agar bisa mengatur makanan yang akan dikonsumsi Titin sehingga kadar gula dalam tubuh Titin juga bisa segera ditekan," kata Theo.

Baca juga: 5 Fakta Titin, Penderita Obesitas 300 Kg di Palangkaraya

Setelah dirawat secara intensif oleh tim medis di Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangkaraya, kesehatan Titin terus dipantau oleh tim medis yang khusus dibentuk untuk menangani kasusnya.

Setiap hari, Titin menjalani pemeriksaan seperti yang sudah dijadwalkan oleh tim medis. Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan di ruang rawat inap tempat Titin dirawat.

Namun, beberapa pemeriksaan membuat tim medis meminta bantuan relawan untuk bisa memgangkat Titin dengan tandu buatan. Tujuannya, agar bisa melakukan pemeriksaan di ruangan yang berbeda.

Kompas TV Bahaya kegemukan salah satunya adalah meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit seperti diabetes jantung dan kadar kolesterol tinggi, tentu saja untuk meminimalisir ada banyak alasan medis untuk menjaga tubuh tidak terlalu gemuk untuk mendiagnosis. Apakah berat badan anda sudah mulai berlebih atau mengalami obesitas? KompasTV akan membahasnya bersama Dokter ahli gizi komunitas dokter Tan Shot Yen dan juga sudah tersambung dengan melalui line telepon Ibu Titi Wati di Palangkaraya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com