Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosikan KA Galunggung, PT KAI Gandeng Komunitas Sepeda Lipat Gowes Keliling Tasik

Kompas.com - 12/01/2019, 13:41 WIB
Irwan Nugraha,
Dian Maharani

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mempromosikan kereta api baru Galunggung relasi Kiaracondong-Tasikmalaya, degan cara yang berbeda sebelumnya.

Kali ini, perusahaan kereta api merangkul para komunitas sepeda lipat untuk berkeliling di Kota Tasikmalaya menjajal wisata kuliner.

"Jadi bagi para pencinta sepeda di Bandung atau di Tasikmalaya bisa melakukan aktivitas gowes di luar kota dengan membawa sepeda ke kereta," jelas Direktur Keuangan PT KAI Didiek Hartantyo, saat memimpin acara bersepeda di Stasiun Tasikmalaya, Sabtu (12/1/2019).

Baca juga: Komunitas Sepeda Lipat Meriahkan Sepeda Nusantara di Bantaeng

Rombongan komunitas sepeda lipat asal Bandung tersebut, berangkat dari Stasiun Kiaracondong dengan membawa sepeda lipatnya.


"Pulangnya nanti naik kereta Galunggung lagi bawa sepedanya. Jadi, bisa bawa sepeda ke kereta, tapi jenis sepeda lipat kalau lebih praktis," ujar Didiek.

Kegiatan bertajuk Rail Bike with Galunggung Train tersebut diikuti ratusan pesepeda.

Kegiatan dengan tema Relax, Fun, and Healthy ini berlangsung pada Sabtu sampai dengan Minggu, 12-13 Januari 2019.

Terdapat total 100 peserta yang berasal dari berbagai komunitas di antaranya Sepeda Lipat Bandung (Sel-B), Brompjon, Cepot Lipet Bandung, Brokokok, Hijabikestory, dan Seliisme. Kegiatan ini juga diikuti oleh para pegawai KAI yang hobi bersepeda.

Baca juga: Tiket Gratis KA Galunggung Habis Dipesan hingga Tahun Baru

Rute kegiatan ini dimulai dari Stasiun Tasikmalaya menuju jembatan ikonik KAI yakni, Jembatan Cirahong yang terletak di perbatasan Tasikmalaya-Ciamis.

Kemudian perjalanan gowes dilanjutkan menuju Taman Wisata Karang Resik, Tasikmalaya untuk menikmati suasana matahari tenggelam.

Pada malam harinya, digelar diskusi dengan topik "Pesepeda Bekereta" yang tujuannya untuk mendapatkan masukan dari para pelanggan KAI yang kerap naik kereta untuk melakukan bersepeda.

"Hari keduanya, peserta diajak gowes berkeliling Tasikmalaya sebelum kegiatan berakhir di Stasiun Tasikmalaya kembali sekaligus pulang lagi ke Bandung pakai kereta Galunggung," tambahnya.

Dengan kehadiran KA Galunggung, masyarakat dapat menikmati berbagai keindahan lokasi wisata yang ada di Tasikmalaya dan sekitarnya.

Melalui kegiatan ini pula KAI mensosialisasikan terkait aturan membawa sepeda ke dalam KA.

“Aturan tersebut menetapkan bahwa bagasi yang dapat langsung dibawa ke dalam KA tanpa dikenakan bea tambahan adalah di antaranya sepeda lipat atau sepeda biasa yang dikemas sedemikian rupa dalam keadaan komponen-komponennya tidak dirakit menjadi sepeda utuh,” pungkasnya.

KA Galunggung merupakan KA baru yang diluncurkan KAI pada 26 Desember 2018 dengan rute Stasiun Kiaracondong-Stasiun Tasikmalaya.

KA yang memiliki kapasitas 636 tempat duduk ini memiliki jadwal keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pada pukul 06.05 WIB dan tiba di Stasiun Tasikmalaya pukul 09.27 WIB, serta keberangkatan dari Stasiun Tasikmalaya pukul 10.35 WIB, dan tiba di Stasiun Kiaracondong pada pukul 14.11 WIB.

Hingga saat ini, naik KA Galunggung masih berlaku promo alias gratis usejak diluncurkan beberapa pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com