Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penertiban Indekos di Palopo, Sejumlah Pasangan Mesum Diamankan

Kompas.com - 09/01/2019, 15:00 WIB
Amran Amir,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com – Sebanyak empat pasangan muda-mudi tanpa ikatan pernikahan, diamankan petugas gabungan polisi, TNI, Satpol PP dan pemerintah Kelurahan Salekoe, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Rabu (9/1/2019).

Para pasangan tanpa ikatan pernikahan tersebut umumnya adalah mahasiswa di Kota Palopo yang didapat sedang asyik berduaan di beberapa indekos di Kelurahan Salekoe yang dirazia.

Pasangan muda-mudi ini kemudian dibawa ke Kantor Kelurahan Salekoe untuk mendapat pembinaan dari pemerintah setempat.

Lurah Salekoe Andi Asnawi Sari mengatakan, penertiban rumah indekos ini dilakukan atas adanya laporan warga yang resah dengan aktivitas penghuni kos sejak beberapa hari terakhir.

Baca juga: Warga Keluhkan Pasangan Mesum di Rumah Kos, Polisi Amankan 4 Mahasiwa

Penertiban ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyakit masyarakat yang kerap kali meresahkan warga sekitar, seperti pasangan di luar nikah yang berbuat asusila di kos-kosan,” kata Andi Asnawi Sari, Rabu.

Selain menjaring pasangan tanpa ikatan pernikahan, petugas juga menjaring penghuni indekos atau warga pendatang yang tidak memiliki identitas lengkap.

“Karena tidak memiliki identitas lengkap, serta belum melaporkan keberadaannya di kelurahan, maka mereka juga dibawa untuk diberi pembinaan dan dilakukan pendataan serta diberikan keterangan domisili,” ucap dia.

“Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini perbuatan asusila yang ada di Kelurahan Salekoe, mulai berkurang, terutama di kos-kosan dan wisma,” sebut dia.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Salekoe Aiptu Muh Abdu Liso mengatakan, kegiatan ini sasarannya adalah narkoba, senjata tajam (sajam), serta perbuatan asusila yang kerap mengakibatkan keributan di wilayahnya.

Baca juga: Sebelas Pasangan Mesum Digerebek Satpol PP di Depok

“Sasaran kegiatan ini tidak hanya pasangan mesum di luar nikah, namun juga peredaran dan penyalagunaan narkoba, serta senjata tajam,” ujar Liso.

Empat pasangan tanpa ikatan pernikahan tersebut dibawa ke kantor kelurahan untuk diberikan pembinaan, satu di antaranya adalah pelajar.

“Empat pasangan tanpa ikatan pernikahan kami bawa ke kantor kelurahan untuk diberikan pembinaan, satu di antaranya adalah pelajar, sehingga kami harus memanggil orangtuanya datang guna diberi pembinaan dan berjanji untuk tidak melakukan perbuatan tersebut,” tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com