Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Air Manado-Halmahera Batal Terbang, AP I Bantah Ada Pemblokiran Akses Bandara

Kompas.com - 09/01/2019, 08:42 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Humas PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Angga Maruli mengatakan, hingga saat ini tidak ada aksi pemblokiran akses menuju Bandara Sam Ratulangi sehingga penerbangan dari bandara ini aman dan tidak ada masalah.

Hal ini dikatakan Angga untuk menanggapi pembatalan penerbangan Wings Air rute Manado – Kao – Manado. Menurut dia, hal itu terjadi di Bandara Kuabang di Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara (KAZ).

"Di sana (Halmahera) yang diblokir. Di sini aman, tidak ada masalah Manado, Sam Ratulangi aman. Kita tidak tahu penyebab kenapa diblokir di sana, karena bukan kewenangan kita tetapi kewenangan (Dinas) Perhubungan," terangnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (09/01/2019) pagi.

Baca juga: Akses ke Bandara Diblokir, Penerbangan Wings Air Manado-Halmahera Dibatalkan

"Kemarin Selasa (08/01/2019), untuk Wings ke Kao memang cancel. Penumpang ada yang dialihkan ke rute lain, seperti Ternate dan ada yang dialihkan ke penerbangan hari ini ke Kao," tambah Angga.

Seperti diketahui, maskapai Wings Air mengonfirmasi pembatalan penerbangan IW-1176 dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (MDC) menuju Bandara Kuabang di Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara (KAZ), Selasa kemarin.

Wings Air beri kompensasi pembatalan penerbangan

Sebelumnya, Corporate Communications Strategic Wings Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, pembatalan tersebut dikarenakan terjadi pemblokiran jalan (akses) menuju bandara.

"Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), Wings Air hari ini memutuskan untuk membatalkan penerbangan IW-1176 Manado ke Kao dan IW-1177 Kao menuju Manado," ujar Danang melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Jeritan Warga Halmahera Utara, Demi Selembar KTP Bisa Habis Uang Sejuta...

Terkait pembatalan tersebut, Wings Air menawarkan dan memfasilitasi antara lain pengembalian dana (refund), perubahan rute terbang (reroute) atau perubahan jadwal berangkat (reschedule) berdasarkan aturan yang berlaku.

Wings Air rute Manado – Kao – Manado akan berjalan normal kembali, setelah bandar udara dinyatakan aman untuk penerbangan. Sebagai catatan, hingga saat ini, Wings Air masih menjadi satu-satunya maskapai yang beroperasi di Bandar Udara Kuabang dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com