Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua KPU Sebut Daftar Pertanyaan Debat Pilpres Itu Bukan Bocoran

Kompas.com - 07/01/2019, 17:47 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman angkat bicara terkait daftar pertanyaan debat untuk dua calon kandidat pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) yang disebut sebagai bocoran pertanyaan.

Menurut Arief, rencana pengiriman daftar pertanyaan satu pekan sebelum debat itu bukanlah bocoran. Daftar pertanyaan itu merupakan hasil kesepakatan tim sukses masing-masing calon.

"Kalau dibocorkan itu kan kesannya disembunyi-sembunyikan lalu dibocor-bocorkan. Itu (pemberian daftar pertanyaan) memang disepakati (tim sukses paslon). Metode debat juga sudah didiskusikan," kata Arief di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (7/1/2019).

Arief menjelaskan, metode penyampaian debat pertama yang akan dilangsungkan pada (17/1/2019) mendatang, untuk menghindari kampanye yang saling menjatuhkan. 

"Pertama, kita harus menjaga martabat kedua pasangan calon. Kedua, kita tidak ingin ada pertanyaan yang justru saling menjatuhkan. Debat itu salah satu metode kampanye, salah satunya menyampaikan visi-misi dan program para calon, kita tidak ingin ada pertanyaan lain," ujarnya.

Baca juga: Panelis Serahkan Daftar Pertanyaan Debat Capres ke KPU

Diterangkan Arief, jika pasangan calon  tidak bisa menjelaskan visi-misi dan program dengan jelas akibat ada pertanyaan yang menjatuhkan, maka metode kampanye dianggap tidak berlangsung sukses.

"KPU tentu mempertimbangkan faktor-faktor ini, makanya kita bahas (pertanyaan) dengan Bawaslu dan tim sukses," ungkap Arief.

Baca juga: Kubu Prabowo Tak Masalah Daftar Pertanyaan Diberikan Sepekan Sebelum Debat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com