Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 90 Persen Rampung, Gedung Baru IAIN Palopo Terbakar

Kompas.com - 07/01/2019, 13:14 WIB
Amran Amir,
Khairina

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - Gedung baru yang sedang dalam pengerjaan milik kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (07/01/2019) mengalami kebakaran.

Gedung baru yang diperuntukkan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) tersebut mengalami kebakaran pada bagian atap gedung yang diduga berasal dari percikan api las saat sedang dalam pengerjaan.

Warga yang berada di sekitar lokasi kejadian dibuat panik dan berusaha mengemas barang untuk mengungsi karena api membesar yang diperparah dengan embusan angin laut.

Baca juga: Elnino Diprediksi Januari-Februari, KLHK Antisipasi Kebakaran Hutan

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palopo, menurunkan 7 unit armada pemadam untuk memadamkan api.

Beruntung, dengan cepat, api dapat dikuasai oleh petugas pemadam kebakaran sehingga api tak dapat merambat ke seluruh bagian gedung melainkan hanya bagian atap saja.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palopo, Muhammad Rais kebakaran terjadi sejak pukul 09.00 Wita dan tidak menimbulkan korban jiwa.

“Diduga kebakaran akibat percikan dari api las, karena di dalam gedung belum terpasang instalasi listrik, dan masih dalam proses pengerjaan,” katanya.

Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) Kampus IAIN Palopo Fahira Herawati mengatakan, gedung baru berlantai 3  yang baru saja terbakar tersebut digunakan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan menelan anggaran Rp 20 miliar.

“Diperkirakan terbakar pukul 09.00 Wita hanya pada bagian atap dan plafonnya saja. Gedung ini sudah 90 persen dikerjakan tinggal pengerjaan finishing dan lansekapnya yang belum. Akibat kebakaran ini kerugian ditaksir mencapai seratus juta rupiah,” ujar Fahira.

Kapolsek Wara Utara, IPTU Idris mengatakan, pascaterjadinya kebakaran, pihak kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran.

“Personel masih sementara melakukan olah TKP, setelah itu akan kami sampaikan dugaan dan kerugian,” ucapnya.

Kompas TV Kebakaran menghanguskan puluhan kios penjaja suvenir dan sejumlah kendaraan di Taman Parkir Panembahan Senopati, Yogyakarta, Minggu malam. Kebakaran di Taman Parkir Panembahan Senopati, Yogyakarta melalap habis puluhan kios yang menjual aneka suvenir dan oleh-oleh khas Yogyakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com