Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Pulau Buano, Warga Mengungsi

Kompas.com - 07/01/2019, 11:17 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan rumah warga di Negeri ( Desa) Buano Utara, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku terendam banjir, Senin (7/1/2019).

Banjir menerjang desa itu sejak Senin pagi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak dua hari terakhir. Kondisi itu semakin parah sebab sebuah danau yang ada di desa tersebut ikut meluap hingga ke rumah warga.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, ketinggian banjir di desa tersebut mencapai 3-4 meter. Akibat banjir tersebut banyak warga terpaksa mengungsi ke rumah-rumah kerabatnya yang aman dari banjir.

“Sudah ada sekitar 20 kepala keluarga yang mulai mengungsi saat ini,”kata salah satu tokoh pemuda Desa Buano Utara, Sehe Tamalene saat dihubungi Kompas.com dari Ambon, Senin (7/1/2019).

Baca juga: Kecamatan Labuan di Pandeglang Banjir Lagi, Warga Kembali Dievakuasi

Dia menjelaskan, saat ini sekitar 150 rumah warga yang tergenang banjir, namun sejauh ini belum ada tim dari pemerintah kabupaten Seram Bagian Barat yang datang untuk membantu warga setempat.

“Kita hitung ada sekitar 150 rumah yang tergenang banjir. Yang paling parah itu yang berada di sekitar danau, mereka sudah mengungsi semua,kalau yang jauh dari permukiman warga itu ketinggian genangan mencapai lutut orang deawas,”jelasnya.

Dia mengaku banjir di desanya kerap terjadi saat hujan lebat mengguyur desa itu. Dia pun berharap agar pemerintah segera mengatasi penyebab banjir agar warga tidak selalu merasa resah saat musim penghujan tiba.

“Sementara ini belum ada bantuan, kami berharap agar segera da perhatian dari pemerintah,”harapnya.

Terkait musibah tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seram Bagian Barat yang dikonfirmasi belum berhasil dihubungi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com