Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan Tahun Baru, 13,8 Juta Liter BBM Terserap di Jateng

Kompas.com - 06/01/2019, 10:47 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Pertamina mencatat kenaikan signifikan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) selama libur Natal dan tahun baru 2019. Sedikitnya hampir 14 juta liter BBM terserap digunakan masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta.

General Manager Pertamina MOR IV, Tengku Fernanda, mengatakan, dalam libur Nataru, pihak Pertamina membentuk satgas yang kerjanya telah berakhir pada Sabtu (5/1/2019) kemarin.

Satgas yang bekerja sejak 18 Desember 2018 hingga 5 Januari 2019 itu mencatatkan beberapa hal. Satgas bekerja untuk memastikan kelancaran pasokan BBM kepada masyarakat.

"Selama periode Nataru, penyaluran BBM jenis gasoline atau premium, pertalite dan pertamax series mengalami peningkatan total sebesar 12 persen. Rata-rata normal sebesar 12.403 kiloliter atau 12,4 juta liter menjadi 13.849 kiloliter atau 13,8 juta liter," ujar Tengku, di sela kegiatan Berkah Energi Pertamina di Semarang, Minggu (6/1/2019).

Baca juga: Sejumlah Warga Masih Belum Tahu Harga BBM Nonsubsidi Turun

Dalam periode itu, Satgas juga mencatat serapan untuk produk Gasoil atau biosolar dan dex series mengalami penurunan hingga 12 persen. Rata-rata penyaluran BBM jenis itu sebesar 6.337 kiloliter atau 6,3 juta liter, turun menjadi 5.582 kiloliter atau 5,5 juta liter.

Penurunan itu, kata Tengku, telah sesuai dengan prediksi. Pasalnya selama liburan akhir tahun banyak aktivitas industri yang memilih libur.

Selain hal itu, Pertamina juga a mencatat serapan BBM di jalan tol trans Jawa, terutama di Jawa Tengah.

Selama periode lalu, serapan terbanyak yaitu dari jalur Jakarta ke Surabaya.

Baca juga: Harga BBM Nonsubsidi Turun, Ini Daftarnya

"Penyaluran BBM tertinggi di jalur terjadi pada tanggal 22 Desember 2018 yaitu 42 kiloliter atau 42 ribu liter untuk jenis Pertamax dan 3 kiloliter untuk produk dexseries," katanya.

Sementara untuk jalur sebaliknya menuju Jakarta, serapan tertinggi terjadi pada tanggal 30 Desember 2018, sebanyak 25 kiloliter atau 25 ribu liter Pertamax dan 4 kiloliter atau 4.000 liter untuk dexseries. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com