Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo Takjub Melihat Tarian di Resepsi Pura Pakualaman

Kompas.com - 05/01/2019, 15:41 WIB
Wijaya Kusuma,
Farid Assifa

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo hadir di resepsi Putra Sulung Sri Paduka Paku Alam X, BPH Kusumo Bimantoro dengan dr Maya Lakshita Noorya. Ganjar menyampaikan Dhaup Ageng ini merupakan peristiwa budaya dan seni.

"Pertama tentu saya menyampaikan selamat dan semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah," ujar Ganjar Pranowo di Pura Pakualaman, Sabtu (05/01/2019).

Ganjar menuturkan Dhaup Ageng merupakan prosesi yang sakral. Selain itu, Dhaup Ageng juga merupakan peristiwa budaya dan seni.

"Ini menjadi peristiwa budaya, seni yang publik bisa melihat. Harapan, nantinya cerita-cerita perkawinan seperti ini bisa disaksikan publik maka orang akan tahu bagaimana sejarah perkembangan budaya termasuk adat istiadat perkawinan," ungkapnya.

Baca juga: Pura Pakualaman Gelar Dhaup Ageng, Prosesi Pernikahan Sang Putra Mahkota

Ganjar Pranowo mengaku sangat menikmati tarian yang ditampilkan di acara resepsi di Kagungan Dalem Bangsal Sewatama.

"Sangat-sangat menikmati sekali, saya melihat gerakannya halus dan pelan sekali. Semua takjub melihatnya, keren lah menurut saya," urainya.

Baca juga: Dhaup Ageng Pura Pakualaman Yogyakarta, Ini Profil Kedua Mempelai

Turut hadir pula Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Wakil Wali kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. Turut hadir pula mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com