Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Serahkan Uang, Juru Parkir di Palembang Nyaris Tewas Dihujami Tusukan

Kompas.com - 05/01/2019, 14:44 WIB
Aji YK Putra,
Krisiandi

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.comSudirman (36) seorang juru parkir di kawasan pasar 10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I Palembang, Sumatera Selatan nyaris tewas ditusuk David (32) dan M Rudi (28).

Akibat kejadian tersebut, David dan Rudi ditangkap jajaran Satreskrim Polresta Palembang,Sabtu (5/1/2019).

Wakasat Reskrim Polresta Palembang AKP Ginanjar Aliya Sukmana mengatakan, peristiwa tesebut terjadi pada Selasa (1/2/2019) kemarin. Awalnya, kedua pelaku meminta uang jatah parkir kepada korban. Namun Sudirman enggan menyerahkan uang yang didapatnya. 

Lantaran permintaan tak dipenuhi, David dan Rudi langsung memukuli korban dan menghujaminya dengan tusukan di bagian punggung, perut dan tangan. Hujaman itu membuat Sudirman terluka parah.

"Korban langsung dilarikan ke rumah sakit dan sekarang masih dirawat. Setelah mendapatkan laporan dari keluarga korban, kedua pelaku berhasil kita tangkap. Motif penganiayaan itu karena kedua pelaku ingin minta uang jatah parkir," kata Ginanjar.

Baca juga: Luput Pengawasan Orangtua, Bocah 3 Tahun Tewas Terlindas Truk

Ginanjar melanjutkan, dari tersangka petugas mendapatkan barang bukti berupa sebilah senjata tajam jenis parang yang digunakan untuk menganiaya korban.

"Kita kenakan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan yang menyebabkan korban luka berat, barang bukti sudah kita amankan," ujarnya.

Sedangkan pengakuan David dan Rudi, mereka tega menganiaya Sudirman lantaran menolak untuk memberikan uang jatah parkir. 

"Uangnya untuk kebutuhan (miras), tapi tidak dikasih korban. Kami kesal langsung menghajarnya," ucap kedua pelaku ini.

Kompas TV Dalam video amatir korban dikeroyok sekelompok orang dengan menggunakan senjata tajam. Dari informasi warga peritiwa ini berawal dari senggolan saat berkendaraan sepeda mogtor di jalan raya. Aksi pengeroyokan Brigadir Pati Yusup terjadi 31 Desember 2018 lalu di kawasan Jalan Muaradua – Ranau Tebing Gading, Kelurahan Batu Belang Jaya, Kecamatan Muaradua, Kabupaten Oku Selatan. Korban meninggal karena kehabisan darah setelah dibacok oleh kawanan pelaku dengan senjata tajam. Sebelum meninggal korban sempat dilarikan ke rumah sakit setempat. Kini polisi telah mengamankan 8 terduga pelaku pengeroyokan. Sementara itu duka masih menyelimuti keluarga dari almarum Brigpol Pati Yusup. Sejumlah karangan bunga ucapan duka dari sejumlah petinggi Polri masih berjejer di rumah duka. Pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada polisi. Saat ini kepolisian masih mendalami motif kebenaran dari peristiwa tersebut karena para terduga para pelaku masih menjalani pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com