Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

41 Hektar Lahan Terbakar di Riau Dalam 4 Hari Terakhir

Kompas.com - 05/01/2019, 11:42 WIB
Citra Indriani,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau kembali terjadi sejak awal tahun ini. Karhutla terjadi di Kabupaten Rokan hilir dan Dumai. Luas lahan yang terbakar hingga saat ini telah mencapai 41 hektar.

Upaya pemadaman masih dilakukan petugas gabungan, kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Sabtu (5/1/2019).

Kebakaran lahan itu terjadi sejak Rabu lalu, dan hingga hari ini masih belum berhasil dipadamkan. Kondisi tersebut disebabkan kencangnya tiupan angin sehingga api dengan mudah meluas.

Baca juga: Kebakaran Lahan Mulai Muncul di Pekanbaru

Selain itu, kata Edwar, sedikitnya sumber air dilokasi lahan yang terbakar telah membuat petugas kewalahan dalan memadamkan api.

"Tak hanya itu, lahan yang terbakar tersebut merupakan tanah gambut sehingga untuk memadamkan sumber api memakan waktu yang cukup lama dan juga mengeluarkan asap," kata dia.

Sejak empat hari lalu, luas lahan yang terbakar di Kabupaten Rokan Hilir dan Dumai telah mencapai 41 hektar, dengan rincian 40 hektar di Dusun Mamugo, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir dan 1 hektar di Jalan Sunan Kalijaga, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai.

"Pemadaman telah dilakukan selama empat hari ini, dan saat ini petugas gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan dibantu RPK dari sejumlah perusahaan masih berupaya memadamkan api dilokasi yang masih terbakar," kata Edwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com