Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eratkan Hubungan dengan Masyarakat Arwanop Papua, TNI-Polri Gelar Bakti Sosial

Kompas.com - 05/01/2019, 00:48 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Khairina

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Pengobatan gratis, pemberian 450 paket sembako, dan enam ekor babi dari TNI - Polri kepada warga Desa Arwanop, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua bisa dikatakan sebagai kado di awal tahun 2019.

Kodim 1710/ Mimika bersama Satgas Teritorial Nanggala Nemangkawi dan Polres Mimika menggelar bakti sosial di Desa Arwanop selama dua hari, Rabu (2/01/2019) dan Kamis (3/01/2019).

Desa Arwanop memiliki 6 kampung diantaranya Kampung Omponi, Ombani 1, Ombani 2, Aggogoin, Anggigi 1, Anggigi 2, dan Kepala Air. 

Untuk mencapai desa tersebut hanya dapat menggunakan moda transportasi udara seperti helikopter dan pesawat berbadan kecil dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dari Timika.

Biasanya warga desa setempat memilih berjalan kaki dari Desa Banti, Tembagapura, melewati medan pegunungan terjal dan hutan, dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam.

Baca juga: Longboat Berpenumpang 15 Orang dari Timika Tujuan Asmat Hilang Kontak

Pemerintah Kabupaten Mimika sebenarnya sudah memulai pembangunan jalan dari Desa Banti-Arwanop sejak 2016 lalu agar membuka isolasi desa tersebut. 

Namun, pembangunan jalan tersebut dihentikan sejak kelompok kriminal bersenjata (KKB) menduduki Desa Banti dan menyandera 1.300 warga pada November 2017 lalu. 

Bahkan, pada April 2018, KKB kembali berulah di Desa Arwanop, dengan melakukan tindakan kekerasan dan pelecehan seksual kepada para guru.

Saat itu, TNI Angkatan Darat dan Satuan Tugas Terpadu Penanganan KKB berhasil memukul mundur KKB dan mengerahkan dua helikopter untuk mengevakuasi 13 guru SD dari Kampung Arwanop menuju tempat yang aman, selanjutnya dievakuasi ke Timika.

Pascakejadian itu, TNI pun kini mendirikan Pos Rahwam dari Yonif 754/ ENK di Desa Arwanop. 

Warga pun senang dengan kehadiran aparat keamanan, karena mereka kini merasa hidup dengan damai. 

"Kami sekarang sudah hidup tenang dan damai, sudah tidak ada lagi kelompok bersenjata di desa kami, karena kami sebenarnya tidak menginginkan adanya kekacauan di desa kami. Kami ingin hidup damai dan aman agar anak-anak kami bisa bersekolah," kata Kepala Kampung Jhonatan Beanal, Rabu (2/01/2019).

Bakti sosial

Bakti sosial yang dirangkai dengan Natal bersama dan acara bakar batu sebagai tradisi masyarakat pegunungan Papua merupakan rangkaian kegiatan berbagi kasih Natal dan Tahun Baru 2019 dari TNI - Polri di Mimika.

Hadir dalam acara itu, Wakil Kepala Operasional Nemangkawi TNI, Dandim 1710/Mimika, Kapolres Mimika, Danbrigif-20/Kostrad, Danyon 754/ENK aparat kewilayahan TNI/Polri, dan perwakilan PT Freeport Indonesia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com