Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Rawan Buang Limbah ke Kali Surabaya di Musim Hujan, Patroli Diintensifkan

Kompas.com - 04/01/2019, 19:41 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan pabrik di sepanjang Sungai Kali Surabaya berpotensi membuang limbahnya secara masif saat musim penghujan.

Karena itu, jadwal operasional tim patroli air Kali Surabaya akan lebih diintensifkan saat musim penghujan.

"Jika sebelumnya sebulan sekali, saat musim penghujan tim patroli air akan turun sebulan 2 sampai 4 kali," kata Kepala Divisi Jasa ASA II Perum Jasa Tirta (PJT) I, Didik Ardianto, Jumat (4/1/2019).

Baca juga: Dua Bocah Terseret Arus di Kali Surabaya, Satu Orang Tewas

Tim patroli air ini adalah tim yang bergerak memeriksa kualitas air Kali Surabaya, yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, PJT, dan kelompok pecinta lingkungan.

November lalu, kata Didik, tim patroli air menutup pintu instalasi pembuangan limbah sebuah pabrik karena kedapatan membuang limbah hasil produksi. "Kita juga sudah melayangkan peringatan kepada manajemen pabrik," ujar dia.

Pembuangan limbah secara masif kerap dilakukan pabrik di sekitar Kali Surabaya, memanfaatkan debit air Kali Surabaya yang tinggi saat musim penghujan.

"Apapun alasannya, pembuangan limbah secara langsung ke sungai dapat merusak kualitas air sungai dan mengancam ekosistem di sungai," ujar dia.

Baca juga: 5 Kuintal Limbah Popok Diangkat dari Kali Surabaya

Sungai Kali Surabaya adalah anak aliran Sungai Brantas. Sungai ini memanjang dari kawasan Mlirip Mojokerto, hingga kawasan Gunungsari Surabaya.

Sepanjang aliran sungai tersebut dipenuhi puluhan pabrik yang lokasinya membelakangi Sungai Kali Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com