Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tutorial Merawat Sertifikat Tanah ala Presiden Jokowi

Kompas.com - 04/01/2019, 06:25 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Seusai membagikan sebanyak 2.500 sertifikat tanah kepada warga Blitar, Jawa Timur, Kamis (3/1/2019), rupanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan tips-tips dan tutorial yang berkenaan dengan perawatan sertifikat itu.

Di hadapan ribuan warga lintas profesi yang hadir di Pendopo Kabupaten Blitar itu, Jokowi menjelaskan langkah-langkah mengurus sertifikat yang meliputi perawatan, penyimpanan, hingga keamanannya.

Jokowi pun memulai tutorialnya. Pertama-tama,, langkah yang perlu dilakukan terhadap sertifikat itu adalah dengan menggandakannya. Memfoto kopinya bisa menjadi salah satu cara penggandaannya.

"Kalau sudah ada sertifikat, tolong segera difoto kopi, lalu masukkan ke dalam plastik seperti ini," ujar Jokowi sembari mengangkat map plastik mika bening.

Baca juga: Jokowi Bagikan 2.500 Sertifikat Tanah di Blitar

Setelah itu, Jokowi melanjutkan, simpan sertifikat itu di tempat yang aman secara terpisah. Misalnya jika sertifikat asli di simpan di sebuah lemari, maka sertifikat kopian tidak boleh ditempatkan di lemari yang sama. Harus diletakkan di lemari atau lokasi yang berbeda.

Dengan cara seperti itu diharapkan jika terjadi masalah seperti hilangnya sertifikat, setidaknya masih ada berkas lainnya untuk memudahkan pengurusannya.

"(Lalu) kenapa diplastik?, kalau gentengnya bocor biar gak basah. Kalo gak dikasih tahu begini, sertifikat tiba-tiba rusak." pungkas Jokowi disambut tepuk tangan hadirin.

Baca juga: Bertolak ke Jatim, Jokowi Tinjau Irigasi dan Bagikan Sertifikat Tanah

Selain tips perawatan, Jokowi juga memberikan masukan atas pengambilan manfaat dari sertifikat itu. Manfaat yang bisa diambil misalnya saja dengan mengagunkan atau menjaminkannya ke bank.

Namun Jokowi juga mengingatkan jika digunakan untuk agunan, harus sudah melalui perhitungan yang matang. Jangan sampai memaksa diri hingga tidak kuat membayar cicilan bulanan.

Selain itu, juga harus bijak dalam menggunakan uang pinjaman bank itu. Idealnya, seluruh uang pinjaman harus digunakan untuk modal usaha. Baru kalau ada untung usaha, bisa dinikmati.

"Kalau saya, ada keuntungan, saya investasikan lagi. Nanti usahanya bisa berkembang lebih besar, lebih besar, dan lebih besar," ungkap Jokowi.

Baca juga: Gubernur Riau: Ingat Sertifikat Tanah, Ingat Jokowi

Sebelumnya diberitakan, Jokowi didampingi beberapa menteri melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, diantaranya ke Blitar.

Di Blitar, selain membagikan seritifikat tana, juga mengunjungi dua proyek infrastruktur. Tidak ketinggalan pula berziarah ke makam Bung Karno. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com