Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Stiker Nomor "Call Center" Palsu di Mesin ATM, Ini Tanggapan BRI

Kompas.com - 03/01/2019, 16:24 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sebuah video amatir berdurasi 1 menit 20 detik direkam oleh seseorang laki-laki yang menceritakan pengalamannya saat kartu ATM miliknya tertelan di salah satu gerai ATM di Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi.

"Selamat siang gaes, saya sedang di ATM Kaliputih Genteng. Begitu saya masuk di dalam ATM, ada tulisan ini. (kamera menyorot ke nomer layanan 08818001777). Tapi saya tetap memasukkan kartu. Kita masukkan kartu disitu ATM saya tertelan dan saya menghubungi nomer ini. (Kembali menyorot nomer layanan 08818001777). Disitu nomer itu mengatakan meminta nomer rekening dan jumlah nominal saldo. Ujung-ujungnya kok minta nomer pin saya. Akhirnya saya matikan, terus saya telpon dinomer ini (kamera menyorot nomer telpon 14017), ternyata disitu BRI tidak pernah memberikan call center sepanjang itu."

Saat dikonfirmasi terpisah, Rizal Wahyudi, SPO Bank BRI KC Genteng mengatakan, pihak Bank BRI sudah mengetahui video tersebut dan langsung melepas stiker nomor call center palsu tersebut pada hari yang sama.

"Ini saya masih di Polres Banyuwangi untuk menginformasikan video tersebut kepada pihak polisi. Yang mengambil video adalah nasabah kita pada tanggal 31 Januari 2018 lalu," kata Rizal kepada Kompas.com, Kamis (3/12/2018).

Baca juga: Setelah Dipenjara 6 Bulan Kasus Pembobolan ATM, Dua WN Bulgaria Ini Dideportasi

Ia memastikan, stiker tersebut tidak lebih dari satu jam berada di dalam gerai ATM tersebut, karena setiap dua jam sekali ada patroli ATM yang melaporkan kondisi ATM ke kantor cabang. Pihaknya juga masih belum mendapatkan laporan kerugian akibat stiker call center abal-abal tersebut

"Kita sudah tahu orang yang menempel stiker dari kamera CCTV, namun terkait identitas orang tersebut kita masih belum mengetahui. Hanya tahu dari video CCTV," jelasnya.

Baca juga: Pencuri Spesialis Gagal Bongkar ATM Bank Mandiri meski Sempat Semprot CCTV

Rizal belum bisa memastikan apakah akan melaporkan kasus penempelan stiker palsu tersebut ke pihak kepolisian.

"Nasabah yang memvideokan hanya ingin menginformasikan kepada masyarakat. Namun terkait kasus penempelan stiker palsu tersebut kita masih koordinasi ke pusat apakah dilaporkan ke polisi atau tidak," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com