Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Tes Baca Al Quran untuk Jokowi dan Prabowo, Jokowi Siap Hadir, Komentar KPU, hingga Sandiaga Pilih Diskusi Ekonomi

Kompas.com - 03/01/2019, 14:02 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Calon pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sudah menyatakan kesiapannya untuk memenuhi undangan tes baca Al Quran dari Ikatan Dai Aceh.

Sementara itu, kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno belum ada pernyataan resmi terkait undangan dari para Dai di Aceh. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan, tes baca Al Quran tidak menjadi syarat mutlak bagi pencalonan presiden dan wakil presiden.

Berikut ini fakta lengkap terkait tes baca Al Quran dari Ikatan Dai Aceh:

1. Alasan Ikatan Dai Aceh gelar tes baca Al Quran

Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh, Marsyuddin Ishaq menunjukan surat undangan tes baca Al Quran untuk Joko Widodo dan Prabowo Subianto di salah satu kafe di Lhoksukon, Aceh Utara, Selasa (1/1/2019)KOMPAS.com/MASRIADI Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh, Marsyuddin Ishaq menunjukan surat undangan tes baca Al Quran untuk Joko Widodo dan Prabowo Subianto di salah satu kafe di Lhoksukon, Aceh Utara, Selasa (1/1/2019)

Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh Marsyuddin Ishaq menjelaskan, surat undangan untuk mengikuti tes baca Al Quran telah dikirim kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari Sabtu (29/12/2018) lalu.

“Surat undangan kami sudah sampaikan, kami yakini sudah diterima oleh kedua calon presiden. Niatan kami gelar uji baca Quran ini sebenarnya membantu kedua calon itu, keduanya kami hormati, namun selalu saja ada isu miring soal keislaman keduanya, nah ini salah satu cara kami membantu keduanya,” kata Marsyuddin Ishaq di salah satu kafe di Lhoksukon, Aceh Utara.

Marsyuddin mengatakan, tes baca Al Quran tersebut rencananya akan dilakukan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Baca Juga: Panitia Tes Baca Al Quran Tunggu Jawaban Jokowi dan Prabowo

2. Standar tes baca Al Quran tergolong mudah

Membaca Al Quran.Shutterstock Membaca Al Quran.

Marsyuddin menjelaskan, tes baca yang akan diikuti pasangan calon presiden dan wakil presiden termasuk standar paling mudah. Hanya tepat huruf dan tepat bacaan sehingga tidak berubah makna dan arti.

“Bukan standar seperti qori/qoriah,” katanya.

Marsyuddin juga menjelaskan, pihak panitia bersedia untuk mengganti jadwal apabila kedua pasangan kesulitan untuk mengikuti jadwal yang telah ditentukan panitia.

Panitia tes baca Al Quran rencananya menggelar tes tersebut pada 15 Januari 2019 di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh.

Baca Juga: Calon Polisi di Aceh Wajib Ikuti Tes Baca Al Quran

3. Kubu Jokowi-Ma'ruf Amin nyatakan kesiapan

Capres dari poros PDIP, Jokowi berdoa saat acara pemotongan tumpeng di Kantor DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (4/6/2014). Acara pemotongan tumpeng ini sebagai ucapan syukur sekaligus mengawali kampanye pasangan Jokowi-Jusuf Kalla untuk Pilpres 2014.TRIBUNNEWS/HERUDIN Capres dari poros PDIP, Jokowi berdoa saat acara pemotongan tumpeng di Kantor DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (4/6/2014). Acara pemotongan tumpeng ini sebagai ucapan syukur sekaligus mengawali kampanye pasangan Jokowi-Jusuf Kalla untuk Pilpres 2014.

Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Provinsi Aceh, memastikan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 itu dipastikan siap hadir untuk memenuhi undangan Ikatan Da’i Aceh uji baca Al Quran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com