Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Ada Badai, Warga Pinggir Pantai di Anambas Pilih Mengungsi

Kompas.com - 03/01/2019, 09:20 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

ANAMBAS, KOMPAS.com - Adanya isu yang beredar di Letung, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), membuat sebagian warga yang tinggal di pinggir pantai memilih mengungsi ke daratan.

Hal ini diungkapkan Kepala Bandara Letung Anambas Iriadi Widiawan, Kamis (3/1/3019).

Menurut Iriadi informasi ini beredar begitu cepat melalui jejaring sosial WhatsApp yang mengatakan diperkirakan akan terjadi badai sekitar pukul 00.00 WIB, Kamis dini hari.

"Makanya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan warga langsung mengungsi ke daratan, ada yang memilih ke masjid, kantor lurah maupun sejumlah gedung lainnya yang ada di Letung," kata Iriadi.

Baca juga: Pantai Pangandaran Diterpa Isu Tsunami, Jumlah Wisatawan Turun

Kendati demikian isu tersebut tidak terjadi, walaupun saat ini tinggi gelombang di perairan Anambas terbilang cukup tinggi.

Sementara itu Kepala Statiun Meteorologi Tarempa Kabupaten Anambas Dudi Juhandinata membenarkan adanya tinggi gelombang di Perairan Kepri, khususnya perairan Natuna dan Anambas yang diperkirakan mencapai 4 meter.

"Untuk badai Alhamdulillah tidak ada, hanya saja sampai saat ini diperkirakan gelombang tinggi masih terjadi di laut Anambas, laut Natuna Utara dan perairan utara Kepulauan Natuna," kata Dudi, Kamis (3/1/2019).

Dudi mengatakan cuaca ekstrim ini terjadi selain memang sudah bulannya, juga merupakan dampak dari badai siklon tropis "PABUK" yang aktif di wilayah Laut Cina Selatan.

Baca juga: Isu Tsunami di Bangka Selatan Membuat Ribuan Warga Mengungsi

"Kami mengimbau pengguna jasa laut maupun nelayan Kepri untuk selalu waspada," jelasnya.

Ketika ditanyakan akan sampai kapan cuaca seperti ini, Dudi mengaku belum bisa memperkirakannya.

"Yang jelas sampai saat ini tinggi gelombang masih dikisaran 4 meter," terangnya.

Selain akibat dampak siklon tropis, hal ini terjadi juga akibat adanya belokan angin (shearline) di dekat wilayah Kepri yang mendukung pertumbuhan awan-awan konvektif.

"Pola angin di wilayah Indonesia secara umum bergerak dari arah barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5-25 knot," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com