Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TPS Cilowong Serang Longsor, 2 Warga Diduga Tertimbun Belum Ditemukan

Kompas.com - 02/01/2019, 15:56 WIB
Acep Nazmudin,
Khairina

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Dua orang perempuan diduga tertimbun longsoran sampah yang terjadi di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang longsor, Selasa (1/1/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang Tubagus Muhammad Suherman mengatakan, kedua perempuan tersebut tengah berada di areal sekitar TPSA saat longsor terjadi.

"Berdasarkan kesaksian petugas, kedua warga bernama Jemah (45) dan Ida (42) tengah berada di jalan setapak TPSA. Saat longsor mereka tidak sempat menyelamatkan diri," kata Suherman di TPSA Cilowong, Rabu (2/1/2019).

Baca juga: Tanah Longsor Persulit Perbaikan Tanggul Perumahan di Bekasi

Saat ini, tim gabungan tengah melakukan pencarian korban, terdiri dari Basarnas Provinsi Banten, BPBD Kota Serang, Kepolisan, TNI hingga PMI.

Pencarian dilakukan di titik longsoran di sekitar jalan setapak tempat kedua korban terakhir tertimbun.

Suherman mengatakan, pencarian sudah dilakukan sejak Selasa (1/1/2019) sore, namun belum membuahkan hasil. Pencarian juga dihentikan karena adanya sejumlah kendala, dan dilanjutkan pada Rabu (2/1/2019) pagi.

"Kendalanya, pertama kondisi tanah yang labil, ada tampak keretakan dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan, kemudian kendala hujan, serta kurangnya alat berat, saat ini kami masih menunggu alat berat yang didatangkan," ujar dia.

Untuk sementara, kata dia, pencarian dilakukan dengan 2 alat berat untuk menggali tumpukan sampah di titik longsoran.

Sejauh ini, belum diketahui apakah korban masih hidup atau meninggal dunia.

"Doakan, kami terus berusaha keras untuk menemukan korban, secepatnya akan dikabarkan," pungkas dia.

Kompas TV Petugas SAR gabungan dari BPBD KotaSerang, Basarnas Provinsi Banten dan TNI-Polri, Rabu (2/1) pagi kembali melakukan upaya pencarian 2 orang hilang dalam musibah longsornya tempat pemprosesan akhir sampah, Cilowong, Serang, Banten. Upaya pencarian menemui kendala dengan turunnya hujan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com