Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia Tes Baca Al Quran Tunggu Jawaban Jokowi dan Prabowo

Kompas.com - 01/01/2019, 17:25 WIB
Masriadi ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Ikatan Dai Aceh menunggu jawaban calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto hingga 9 Januari 2019 mendatang untuk kesediaan mengikuti tes mampu membaca Al Quran di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Hingga hari ini, Selasa (1/1/2019), kedua calon presiden itu belum mengirimkan jawaban atas undangan dari organisasi dai itu untuk mengikuti tes mampu membaca Al Quran yang direncanakan digelar 15 Januari 2019 mendatang.

“Surat undangan kita sudah sampaikan, kami yakini sudah diterima oleh kedua calon presiden. Niatan kita gelar uji baca Quran ini sebenarnya membantu kedua calon itu, keduanya kita hormati, namun selalu saja ada isu miring soal keislaman keduanya, nah ini salah satu cara kita membantu keduanya,” kata Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh, Marsyuddin Ishaq di salah satu kafe di Lhoksukon, Aceh Utara.

Dia menyebutkan, standar yang digunakan dalam tes mampu membaca Al Quran itu pun terbilang mudah. Hanya tepat huruf dan tepat bacaan sehingga tidak berubah makna dan arti.

“Bukan standar seperti qori/qoriah,” katanya.

Baca juga: Sandiaga Sebut Tes Baca Al Quran Permainan Politik Identitas

Dia menyebutkan, mereka masih menunggu jawaban dari kedua calon presiden tersebut. Misalnya, jika keduanya meminta jadwal diundur, organisasi itu pun siap melakukan penyesuaian.

“Misalnya keduanya minta tanggal lain, di luar tanggal 15 Januari, kita juga setuju. Karena kita paham, kedua calon presiden itu sibuk sekali. Sejauh ini kalau kita lihat di media massa, keduanya siap, hanya meminta kejelasan standarnya. Namun secara tertulis dari kedua calon presiden kita belum terima surat apa pun sebagai jawaban undangan kita,” sebutnya.

Sebelumnya diberitakan Ikatan Dai Aceh mengundang kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk ikut tes membaca Al Quran.

Kubu Joko Widodo sejauh ini menyatakan kesiapan. Sedangkan kubu Prabowo menyiratkan kesiapan, namun meminta standar yang jelas untuk digunakan. Undangan untuk kedua calon presiden itu dikirimkan pada 29 Desember 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com