Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecamatan Labuan di Pandeglang Banjir Lagi, Warga Kembali Dievakuasi

Kompas.com - 01/01/2019, 09:54 WIB
Acep Nazmudin,
Khairina

Tim Redaksi

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Banjir akibat intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah kawasan di Kecamatan Labuan, Pandeglang banjir lagi. Akibatnya warga yang sudah pulang ke rumah dievakuasi lagi ke pengungsian terdekat.

Evakuasi warga di sejumlah wilayah terdampak banjir di Kecamatan Labuan sudah dilakukan sejak malam hari dan dilakukan oleh berbagai tim, terdiri dari BPBD, Polres Pandeglang, Basarnas hingga relawan ACT.

Pihak kepolisian setempat mengkonfirmasi jika air mulai naik ke pemukiman warga sekitar pukul 21.00 WIB. Hujan deras yang turun sejak Senin (31/12/2018) sore menyebabkan debit air sungai membesar dan meluap ke pemukiman warga. Sementara, kondisi laut juga tengah pasang.

"Sejak malam hari sudah evakuasi sekitar 50 warga yang terjebak seperti di Kampung Kadugareng, Panguseupan, dan pemukiman sekitar pasar," kata Kabid Humas Polda Banten, AKBP Edy Sumardi saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin ( 1/1/2019).

Baca juga: Lebih dari 10 Ribu Pengungsi di Pandeglang Segera Dipulangkan

Saat ini, kata dia, di sejumlah pemukiman yang terendam, ketinggian airnya sudah mencapai 1,5 meter, terutama di perkampungan yang dekat dengan pantai.

Sementara dari pihak ACT, tidak kurang dari 30 warga dievakuasi. Warga yang dievakuasi berasal dari BTN Teluk dan Masjid Agung Labuan.

Para warga diungsikan sementara ke kantong-kantong pengungsian di sekitar Labuan yakni, di Polsek Labuan dan Lapangan Futsal Labuan.

Koordinator Tim Emergency Response ACT Kusmayadi menyebut, hingga saat ini evakuasi warga terus dilakukan mengingat ketinggian air terus naik.

Diketahui pada Rabu (26/12/2018) lalu, banjir juga merendam pemukiman di Kecamatan Labuan, tidak kurang 300 warga diungsikan.

Menurut Kepala BPBD kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat, banjir pada saat itu juga merendam 9 kecamatan lain di Pandeglang.

Kompas TV Banjir akibat curah hujan tinggi masih merendam empat kecamatan di Kota Jambi.<br /> <br /> Hingga Kamis (20/12) pagi, banjir akibat luapan Sungai Batanghari itu tak kunjung surut. Banjir di Kota Jambi pun sudah memasuki pekan ketiga.<br /> <br /> Pemkot Jambi meminta warga selalu waspada dan siaga. Hal ini mengingat hujan masih terus mengguyur wilayah mereka.<br /> <br /> Sejumlah bantuan sudah mulai dibagikan. Jumlah rumah yang terendam banjir lebih dari 200 unit.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com