Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBPJN VIII: Jalan Raya Gubeng Belum Sepenuhnya Aman Dilalui Kendaraan

Kompas.com - 28/12/2018, 22:08 WIB
Ghinan Salman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Dua lajur sisi timur Jalan Raya Gubeng, Surabaya, sudah bisa dilalui kendaraan pada Kamis (27/12/2018) petang pukul 18.00 WIB.

Saat ini, Jalan Raya Gubeng terpantau ramai lancar dengan banyaknya kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas.

Meski Jalan Raya Gubeng sudah bisa digunakan kembali, jalan tersebut dinilai belum sepenuhnya aman untuk dilalui.

Pasalnya, proses pemulihan jalan di sisi barat masih dalam tahap penyempurnaan. Steel Sheet Pile (SSP) atau besi pengaman di lajur sisi barat dalam proses pemasangan.

Baca juga: Polisi Periksa Perizinan Proyek Basement RS Siloam Jalan Gubeng Surabaya

Humas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Wahyu P. Kuswanda mengatakan bahwa jalan ini belum sepenuhnya aman.

Wahyu menyebut, perbaikan jalan itu bukan sebatas menyambungkan kembali akses masyarakat, namun juga sebagai upaya mencegah peristiwa yang sama terulang.

Wahyu berpendapat, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar Jalan Raya Gubeng aman untuk dilalui. Caranya, yakni dengan pemasangan SSP, menutup galian tanah di sisi barat dengan kemiringan 30 derajat, atau menimbun lubang galian.

"Yang kami rekomendasikan adalah dioperasikan penuh apabila galian sudah ada timbunan tanah dengan kemiringan 30 derajat di sisi barat. Sekarang masih 45 derajat," katanya, Jumat (28/12/2018).

Baca juga: Risma Pastikan 2 Lajur Jalan Gubeng yang Dibuka Cukup Aman Dilalui Kendaraan

Wahyu menambahkan, meski Jalan Raya Gubeng sudah tersambung dan dapat berfungsi kembali, namun masih berpotensi mengalami kerusakan. Sebab tanah di sekitar lubang galian proyek masih belum ditangani. Hal tersebut bisa memungkinkan kerusakan terjadi kembali.

"Logikanya, kondisi tanah di dalam galian itu sama. kondisi di barat dan di timur tidak berbeda. Desain dinding penahan tanah sama. Berarti, kalau di sebelah timur terjadi, ya memungkinkan di sisi lainnya juga terjadi," ujar Wahyu.

Karena Pemkot dan Polrestabes Surabaya, yang memegang keputusan jalan itu untuk dibuka, maka pihaknya pun memberikan beberapa rekomendasi pengecualian.

Baca juga: Akhirnya Jalan Raya Gubeng Bisa Digunakan Lagi

"Dilewati kendaraan kecil-kecil dulu. Kendaraan berat tidak boleh melewati. Yang dilewati juga sisi timur, enggak boleh mepet-mepet sisi barat," kata Wahyu.

Risma sebut Jalan Raya Gubeng aman dilalui

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, memyebut Jalan Raya Gubeng sisi timur cukup aman untuk dilintasi kendaraan.

Risma memastikan, bahwa secara teori dua lajur yang difungsikan itu memang sudah aman untuk dilalui kendaraan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com