Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Korupsi, Ridwan Kamil Bakal Awasi 3 Daerah di Jabar

Kompas.com - 28/12/2018, 17:50 WIB
Dendi Ramdhani,
Khairina

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan memberi pengawasan khusus bagi 3 daerah yang terjerat perkara korupsi. Tiga daerah itu antara lain, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Cirebon.

"Kami tidak mau lagi ada hal seperti OTT KPK berlangsung dan terjadi di Jabar. Karena itu, ada daerah tertentu yang akan kami bina khusus dengan reformasi dalam teknologi mengamankan pelayanan publik dan lainnya," ucap Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (28/12/2018).

Ia menuturkan, pengawasan serupa juga berlaku bagi seluruh daerah di Jabar. Hanya saja, 3 daerah tersebut akan mendapat porsi perhatian lebih.

Baca juga: Tim Gabungan Kejaksaan Gelar OTT Terkait Dugaan Suap Seleksi CPNS di Muaro Jambi

"Tiga (daerah) saja yang OTT KPK, Bekasi, Cirebon dan Cianjur lain-lain juga sama tapi atensinya lebih keras di sana. Treatmennya gubernur akan memonitor tiap keputusan bupati yang berkaitan dengan pelayanan publik dan penganggaran," tutur Emil.

Salah satu langkah untuk meminimalisir tindak korupsi kepala daerah yakni dengan penerapan sisem e-budgeting.

"Dan kami pada Januari akan mengevaluasi anggaran untuk 2020 dengan e-budgeting sehingga uang triliunan Pemprov harus betul terasa kepada masyarakat Jabar dengan pendekatan teknologis," jelasnya. 

Kompas TV Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi mengatakan ruangan kerjanya yang sempat disegel penyidik KPK telah dibuka kembali. Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi memastikan akan membantu penyelidilikan KPK dalam kasus korupsi dana hibah Kemenpora. Selain itu Imam juga akan memenuhi panggilan KPK jika memang keterangannya dibutuhkan dalam kasus ini. Sejauh ini Imam mengaku masih belum dapat berkomunikasi dengan pejabat Kemenpora yang terjerat operasi tangkap tangan KPK.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com