Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Pengasingan Bung Karno di Menumbing Kini Teraliri Listrik

Kompas.com - 28/12/2018, 16:22 WIB
Heru Dahnur ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.comPesanggrahan Menumbing di Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung yang pernah menjadi lokasi pengasingan Bung Karno, kini mulai dialiri jaringan listrik.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, mengatakan, pengadaan instalasi listrik akan mendorong tumbuhnya sektor pariwisata di kawasan itu.

"Kawasan Menumbing jadi saksi sejarah kemerdekaan bangsa ini. Bangunannya masih berdiri kokoh dan menjadi aset wisata," kata Abdul, Jumat (28/12/2018).

Dia berharap adanya efisiensi dengan penggunaan instalasi listrik PLN. Sementara usaha-usaha masyarakat sekitar bisa terpicu untuk tumbuh.

Baca juga: Mengintip Jejak Cinta Bung Karno di Pesanggerahan Menumbing

Selama ini Pesanggrahan Menumbing mengandalkan genset untuk penerangan dan berbagai kegiatan lainnya. Hal ini sempat dikeluhkan karena biaya yang mahal.

General Manajer PLN Bangka Belitung Abdul Mukhlis mengatakan, pembangunan jaringan menggunakan anggaran DABA 2018 berkerja sama dengan pemerintah daerah.

"Ketersediaan energi serta layanan perbaikan dan generator mobile juga," ujarnya.

Adapun Pesanggrahan Menumbing berada di puncak perbukitan Menumbing. Kawasan ini terpaut sekitar 10 kilometer dari pusat kota Muntok, Bangka Barat.

Peninggalan Bung Karno seperti mobil, kamar tempat tidur dan foto-foto bisa ditemukan di tempat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com