Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Penyandaran Kapal Bisa 2 sampai 3 Kali Percobaan

Kompas.com - 28/12/2018, 16:06 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah,
Khairina

Tim Redaksi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Cuaca buruk membuat kapal penyeberangan angkutan penumpang dan barang bisa melakukan percobaan 2 sampai 3 kali sandar di dermaga Pelabuhan Bakauheni.

Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan Sayfullahil Maslul mengatakan, kecepatan angin dan arus bawah cukup kuat yakni 20 knot atau kurang lebih 30-39 kilometer per jam.

"Kapal kalau sandar gagal terus akan melakukan ancer-ancer lagi bisa sampai 3 kali melakukan upaya sandar dan itu membutuhkan waktu yang lama," kata Sayfullahil Maslul pada Jumat (28/12/2018).

Sementara itu, perkiraan cuaca pada Jumat (28/12/2018) di Lampung mengalami hujan ringan.

Baca juga: Dermaga III Bakauheni Dinonaktifkan Sementara

Angin bertiup dari arah barat daya sampai dengan barat laut dengan kecepatan 3-15 knot. Tinggi gelombang antara 0,25-0,50 meter sedangkan suhu udara minimum-maksimum antara 25-29 derajat celcius.

Kelembapan udara antara 80-93 persen. Untuk jarak pandang 8 kilometer dan pasang surut untuk 2 hari ke depan minimum setinggi 0,2 meter pada pukul 06.00 WIB sedangkan maksimum setinggi 1,3 meter pada pukul 24.00 WIB. 

Kompas TV Ribuan warga Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku, telah tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Mereka dievakuasi petugas gabungan, untuk menghindari bahaya erupsi Gunung Anak Krakatau dan potensi tsunami. Pelabuhan Bakauheni menjadi tempat bersandarnya Kapal Roro, yang mengangkut warga dari Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku, Lampung Selatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com