Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo: Elit Indonesia Harus Ingat Pengorbanan Warga Eks Timtim untuk NKRI

Kompas.com - 27/12/2018, 20:57 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

ATAMBUA, KOMPAS.com - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, secara tegas mengatakan, elit Indonesia harus, mengingat jasa warga eks Timor Timur (Timtim) untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penegasan itu disampaikan Prabowo, saat memberikan sambutan dalam acara Natal bersama Partai Gerindra di Gedung Betelalenok, Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (27/12/2018).

"Seharusnya, sepatutnya dan sepantasnya elit-elit bangsa Indonesia selalu ingat dengan pengorbanan warga eks Timtim yang luar biasa ini,"ucap Prabowo yang disambut tepuk tangan meriah dari 2.000 lebih warga yang hadir.

Menurut Prabowo, pengorbanan warga eks Timtim yang besar yakni dengan mempertahankan merah putih dan berjuang untuk tetap menjadi bagian dari Indonesia.

Baca juga: Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Seroja Atambua, Prabowo Teteskan Air Mata

"Tidak ada pengorbanan yang lebih besar, dari meninggalkan kampung halaman. Bayangkan mereka harus meninggalkan tanah, rumah, hutan dan gunung," ucapnya.

"Mereka pergi meninggalkan tanah mereka karena mereka setiap kepada NKRI," sambungnya.

Prabowo menyebut, elit di Indonesia merupakan orang pintar, orang besar, orang kaya yang pandai bicara tentang Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan cinta tanah air.

Tapi tidak dengan warga eks Timtim yang tidak pandai bicara, namun telah dibuktikan dengan dedikasi yang tinggi bagi Indonesia.

"Saudara-saudara kita dari Timtim, tidak pandai bicara dan mungkin bahasa Indonesia juga tidak pandai, namun mereka buktikan dengan dedikasi dan pengorbanan fisik, serta kesetiannya untuk NKRI,"imbuhnya.

Prabowo pun berharap, suatu saat akan kembali lagi dan akan membantu warga eks Timtim bisa lebih maju lagi.(K57-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com