Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

51.555 Wisatawan Asing Berlibur di Batam Sepanjang Libur Natal

Kompas.com - 27/12/2018, 19:54 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam mencatat sedikitnya ada 51.555 Warga Negara Asing (WNA) berkunjung ke Batam, Kepulauan Riau (Kepri) sejak 20 Desember 2018 hingga 25 Desember 2018.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam Lucky Agung Binarto mengatakan data itu didapat dari enam pintu masuk yang ada di Batam, diantaranya lima pelabuhan ferri Internasional dan satu bandara Internasionasl.

Untuk pelabuhan diantaranya Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre, Citra Tritunas, Sekupang, Marina Teluk Senimba dan Pelabuhan Ferry Internasional Nongsa Pura serta Bandara Hang Nadim yang berada di Batu Besar, Nongsa.

"Rata-rata WNA yang masuk ke Batam berasal dari Singapura dan Malaysia," kata Lucky, Kamis (27/12/2018).

Baca juga: Libur Natal 2018, 18.584 Wisatawan Padati Gunung Bromo dan Semeru

Namun demikian untuk warga Negara Indonesia (WNI) yang keluar dari Batam menuju ke Singapura dan Malaysia juga terbilang meningkat, yakni 47.393 orang.

"Namun untuk WNI didominasi warga Batam dan selebihnya warga diluar Batam yang melakukan perjalanan ke Singapura dan Malaysia melalui jalur Batam," jelas Lucky.

Kenaikan jumlah penumpang mulai dari 20 Desember 2018 hingga 25 Desember 2018, dibandingkan hari-hari biasa mencapai 500 persen. Sebab hari biasanya jumlah penumpang WNA yang berkunjung ke Batam hanya dikisaran 500 orang.

"Angka ini dipastikan akan kembali naik saat menjelang liburan perayaan Tahun Baru 2019," pungkas Lucky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com