Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Telkomsel di Ternate Mati Total, Pelanggan Beralih ke Operator Lain

Kompas.com - 27/12/2018, 16:57 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Khairina

Tim Redaksi

TERNATE,KOMPAS.com-Jaringan Telkomsel di Kota Ternate, Maluku Utara mati total sejak Rabu (26/12/2018) kemarin hingga Kamis (27/12/2018).

Akibatnya, tak satu pun pelanggan Telkomsel yang dapat mengakses jaringan internet.

Sementara untuk berkomunikasi via telepon dirasakan masyarakat sangat kesulitan karena terkadang putus sambung.

"Kemarin sore sempat jadi telepon, tapi setelah itu tidak jadi, hari ini juga begitu belum bisa telepon dengan kartu Telkomsel," kata Imran, salah satu warga Ternate di kantor Telkomsel, Kamis (27/12/2018).

Baca juga: Layanan Internet di Sumatera Bagian Tengah Terganggu, Ini Kata Telkomsel

Menurutnya, kejadian seperti ini sangat merugikan pelanggan apalagi Telkomsel satu-satunya jaringan telekomunikasi yang merajai di Maluku Utara setelah Indosat.

"Kami sangat berharap secepatnya kembali normal, kalau begini sama dengan kembali ke zaman dulu," katannya.

Pengamatan Kompas.com, banyak pelanggan mendatangi kantor Telkomsel Ternate untuk menanyakan penyebab matinya jaringan Telkomsel hingga kapan kembali normal.

Dampak gangguan ini, kata Ibrahim, salah satu bagian administrasi Telkomsel Ternate, diperkirakan tidak hanya dialami masyarakat Kota Ternate tapi juga di sejumlah kabupaten dan kota di Maluku Utara.

"Semuanya gangguan kecuali Bacan (Kabupaten Halmahera Selatan) dan Sanana (Kabupaten Kepulauan Sula) karena kedua daerah itu, jaringan kabel bawah lautnya melalui jalur Kauditan, sedangkan yang melalui Bitung, semuanya mengalami gangguan termasuk Ternate dan Sofifi (ibukota Maluku Utara)," katanya lagi.

Baca juga: Ada Gangguan Kabel Laut, Telekomunikasi di Ternate Terputus Sejak 08.00 WIT

Sebelumnya, Rina Dwi Noviani, Manager Communications Telkomsel Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan) mengakui adanya gangguan jaringan telekomunikasi di Ternate.

Dia mengatakan, sejak pukul 08.00 di telah terjadi gangguan kabel laut untuk jalur antara Kota Ternate yang menyebabkan terganggunya layanan Komunikasi Telkomsel di wilayah Ternate.

Menurut dia, saat ini Telkomsel berupaya memaksimalkan layanan komunikasi dengan mengalihkan akses layanan komunikasi melalui backup satelit .

"Kami terus melakukan segala upaya maksimal untuk menangani gangguan tersebut agar layanan dapat kembali normal," kata Rina melalui pesan WhatsApp ke Kompas.com, Rabu malam.

Atas gangguan jaringan ini, Telkomsel menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan di Ternate.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait  agar proses perbaikan dapat diminimalisir waktunya, sehingga  pelanggan  segera bisa menikmati komunikasi secara  maksimal," pungkasnya.

Sementara itu, pengamatan Kompas.com di Galeri Indosat Ternate, banyak masyarakat beralih menggunakan kartu IM3.

"Untuk internet dengan IM3, jaringan kadang 4G kadang error tapi paling tidak bisa telepon dan SMS," kata Anti, salah satu pelanggan.

Kompas TV Unjuk rasa mahasiswa di Ternate, Maluku Utara berakhir ricuh. Mahasiswa terlibat bentrok dengan polisi. Bentrokan terjadi saat mahasiswa memaksa menerobos ke Bandara Babullah Ternate. Polisi yang mendesak mundur mahasiswa dilawan dengan lemparan batu. Polisi akhirnya bertindak tegas karena pengunjuk rasa juga memblokade jalan masuk bandara. Sejumlah mahasiswi pun terluka dalam bentrokan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com