Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Tiket Gratis Kereta Bandung-Tasikmalaya, Ini Caranya

Kompas.com - 27/12/2018, 10:55 WIB
Reni Susanti,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan KA Galunggung jurusan Kiaracondong (Bandung)-Tasikmalaya.

Selama masa uji coba, 26 Desember 2018-25 Januari 2019, PT KAI menggratiskan angkutan tersebut. Namun masih ada masyarakat yang bingung untuk mendapatkannya.

“Alhamdulillah bisa ke Bandung naik kereta, jadi enggak perlu macet di jalan. Tapi bagaimana caranya dapat tiket gratis,” ujar Lina Meliana saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/12/2018).

Bagi yang masih bingung bagaimana mendapatkan tiketnya, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus, menyampaikan caranya.

“Penumpang tinggal datang ke stasiun yang menjadi tempat pemberhentian KA Galunggung,” tutur Joni.

Kereta akan melalui beberapa stasiun. Dari Kiaracondong akan berhenti di Stasiun Cimekar-Rancaekek-Cicalengka-Nagrek-Leles-Cibatu-Cipeundeuy-Ciawi dan berakhir di Tasikmalaya.

Sedangkan Tasikmalaya-Kiaracondong akan melalui stasiun Rajapolah-Ciawi-Cipeundeuy-Cibatu-Leles-Cicalengka-Rancaekek dan berakhir di Kiaracondong.

Baca juga: Kereta Galunggung Tiba di Tasikmalaya Langsung Diserbu Penumpang

Namun, saat datang ke stasiun, jangan lupa membawa kartu identitas yang berlaku, baik itu KRP, SIM, ataupun paspor.

“Meskipun gratis, calon penumpang tetap harus memiliki tiket yang bisa didapatkan di loket stasiun lintas, 7 hari sebelum keberangkatan,” imbuhnya.

Rencananya, penggratisan ini berlangsung satu bulan hingga 25 Januari 2019. Pada 26 Januari 2019, rencananya diberlakukan tarif normal Rp 35.000 untuk jarak terjauh atau lebih dari 58 kilometer.

Sedangkan untuk tarif parsial (0-58 km) dikenakan tarif Rp 25.000.

Mengenai peminat KA Galunggung hari kedua, Joni mengatakan, belum mendapat rekap keseluruhan.

“Kalau sudah ada nanti kami informasikan,” ungkapnya.

636 tempat duduk

KA Galunggung yang resmi diluncurkan Rabu (26/12/2018) memiliki kapasitas 636 tempat duduk.

KAI menetapkan kuota tempat duduk 100 persen. Jadi, jika kapasitas tempat duduk penuh, KAI akan menutup layanan “pembelian” tiket KA.

Setiap hari, kereta berangkat pukul 06.05 WIB dari Kiaracondong dan sampai di Tasikmalaya pukul 09.27 WIB. Sedangkan dari Tasikmalaya kereta berangkat pukul 10.35 WIB dan sampai di Kiaracondong 14.11 WIB.

Baca juga: Kereta Galunggung Jurusan Tasik-Bandung Gratis, Warga Antusias Mengantre

Galunggung sendiri diambil dari nama gunung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung dengan ketinggian 2.168 mdpl (di atas permukaan laut) ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Jawa Barat.

Terdapat dua objek wisata yang ada di Gunung Galunggung, yaitu Kawah Galunggung yang memiliki danau hijau yang indah dan pemandian air panas Galunggung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com