Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Gangguan Kabel Laut, Telekomunikasi di Ternate Terputus Sejak 08.00 WIT

Kompas.com - 26/12/2018, 22:12 WIB
Aprillia Ika

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah laporan warga di Instagram @status.ternate menyebutkan jika sejak Rabu (26/12/2018) pagi pukul 08.00 WIT kota Ternate di Maluku Utara terisolir akibat terputusnya jaringan komunikasi di wilayah ini.

Disebutkan dalam laporan Instagram tersebut, hingga Rabu malam warga Ternate tidak bisa melakukan panggilan telepon keluar, sementara warga luar Ternate tidak bisa menelepon ke Ternate.

Di tengah putusnya jaringan telekomunikasi tersebut, beredar isu tsunami, lantaran sehari sebelumnya kota ini terdampak gempa magnitudo 5,4 yang berpusat 113 kilometer dari Ternate.

"Mohon bantuannya, , warga juga panik karena isu Tsunami karena pasca terjadi gempa 5,4SR berpusat di 113KM dari Ternate. Mohon dibantu," tulis akun tersebut.

Baca juga: Kabel Laut Putus, Warga Maluku Keluhkan Buruknya Sinyal dan Koneksi Internet

Rina Dwi Noviani, Manager Communications Telkomsel Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, kalimantan) mengakui adanya gangguan jaringan telekomunikasi di Ternate.

Dia mengatakan, sejak pukul 08.00 di telah terjadi gangguan kabel laut untuk jalur antara Kota Ternate yang menyebabkan terganggunya layanan Komunikasi Telkomsel di wilayah Ternate.

Menurut dia, saat ini Telkomsel berupaya memaksimalkan layanan Komunikasi dengan mengalihkan akses layanan komunikasi melalui backup satelit .

"Kami terus melakukan segala upaya maksimal untuk menangani gangguan tersebut agar layanan dapat kembali normal," kata Rina melalui pesan WhatsApp ke Kompas.com, Rabu malam.

Atas gangguan jaringan ini, Telkomsel menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan, di Ternate.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait  agar proses perbaikan dapat diminimalisir waktunya, sehingga  pelanggan  segera bisa menikmati komunikasi secara  maksimal," pungkasnya.

Hingga berita ini dibuat, Kompas.com belum mendapatkan update dari Indosat. Sementara operator telekomunikasi XL Axiata mengatakan tidak memiliki jaringan di Ternate.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com