Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Bandung-Tasikmalaya Diluncurkan, Ini Harga Tiketnya

Kompas.com - 26/12/2018, 08:57 WIB
Reni Susanti,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan kereta api (KA) Galunggung jurusan Bandung-Tasikmalaya hari ini, Rabu (26/12/2018).

“Selama 30 hari kami gratiskan. Kalau ada yang gratis, why not,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Kiaracondong, Bandung.

Edi menjelaskan, pihaknya menggratiskan tiket selama masa uji coba dari 26 Desember 2018-25 Januari 2019. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi.

Jika sesuai rencana, maka penumpang dikenakan tarif normal pada 26 Januari 2019, sebesar Rp 35.000 untuk jarak terjauh atau lebih dari 58 kilometer.

Baca juga: PT KAI Buka Trayek Baru Bandung-Tasikmalaya, Satu Bulan Ini Gratis

Sedangkan untuk tarif parsial (0-58 km) dikenakan tarif Rp 25.000.

“Meskipun gratis, calon penumpang tetap harus memiliki tiket yang bisa didapatkan di loket stasiun lintas, 7 (tujuh) hari sebelum keberangkatan,” tutur Edi.

Saat akan mendapatkan tiket, masyarakat tetap harus membawa kartu identitas yang berlaku seperti KTP, SIM, atau paspor.

KAI juga menetapkan kuota tempat duduk pada KA Galunggung sebesar 100 persen. Artinya, jika kapasitas tempat duduk penuh, KAI akan menutup layanan “pembelian” tiket KA.

Baca juga: KA Galunggung, Perjalanan Bandung-Tasikmalaya 3 Jam 20 Menit

Galunggung sendiri diambil dari nama gunung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung dengan ketinggian 2.168 m dml (di atas permukaan laut) ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Jawa Barat.

Terdapat dua objek wisata yang ada di Gunung Galunggung yaitu Kawah Galunggung yang memiliki danau hijau yang indah dan pemandian air panas Galunggung.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com