Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 24 Ribu Personil Polisi Amankan Natal dan Tahun Baru di Jawa Barat

Kompas.com - 24/12/2018, 23:15 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS com - Sedikitnya 24.000 personel di wilayah hukum Polda Jabar siap mengamankan misa malam Natal hingga perayaan awal tahun nanti.

Untuk perayaan Natal, polisi fokus melakukan pengamanan tempat peribadatan umat Kristiani yang berjumlah 600 lebih.

"Dalam hal ini sasaran pengamanannya secara khusus pada saat beribadah bagi kaum Nasrani pada saat natal," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (24/12/2018).

Dikatakan, pola pengamanan sendiri dilakukan secara terbuka dan tertutup dengan mengedepankan upaya preventif dan preemptif.

"Sampai dengan awal deteksi dan juga pola untuk nanti penegakan hukum ini juga kita lakukan dalam pola pengamanan," jelasnya.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, TMII Targetkan 4.500 Pengunjung

Guna mengantisipasi kerawanan di tempat ibadah seperti gereja, pihaknya akan melakukan sterilisasi sebelum kegiatan Natal dilakukan.

Selain itu, pengecekan terhadap barang bawaan pun dilakukan demi kelancaran beribadah.

"Mohon maaf, kami akan melakukan pengecekan (barang bawaan) jadi tidak perlu membawa ransel atau tas yang tidak diperlukan saat ibadah termasuk orang orang yang ada di sekitar tempat ibadah atau didalam tempat ibadah. Dan kemudian kami juga melakukan kegiatan sterilisasi terhadap tempat ibadah gereja yang nantinya akan digunakan untul perayaan Natal," tuturnya.

Selain perayaan Natal, pengamanan pun berlanjut menghadapi libur Tahun Baru 2019. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kondusivitas situasi kamtibmas.

"Tentunya menghimbau kepada masyarakat untuk turut serta berpartisipasi mengamankan dan memelihara kamtibmas dengan cara waspada dan juga memberikan bantuan terkait keamanan maupun juga operasi yang kami laksanakan," jelasnya.

Kompas TV Berikut tiga berita terpopuler rangkuman KompasTV hari ini. Pertama, data korban tsunami Selat Sunda yang dihimpun posko BNPB hingga Senin (24/12) pukul 07.00 WIB tercatat 281 orang meninggal dunia dan 57 orang hilang. Berikutnya, Presiden Joko Widodo meninjau lokasi bencana tsunami di Banten. Terakhir, personel gabungan disiagakan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com