Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Pelacak Polda Sulsel Jaga 11 Gereja Saat Perayaan Natal

Kompas.com - 24/12/2018, 22:03 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi


MAKASSAR, KOMPAS.com – Aparat kepolisian memperketat pengamanan di sejumlah gereja di Kota Makassar saat perayaan Natal.

Bahkan, Polda Sulsel menerjunkan anjing pelacak yang berjaga di 11 gereja di Kota Makassar sejak Senin (24/12/2018).

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani mengatakan, pengamanan di gereja-gereja di Kota Makassar untuk mengantisipasi gangguan keamanan dalam puncak perayaan Natal.

Baca juga: Safari Misa Natal, Kapolri Ajak Umat Doakan Korban Tsunami Selat Sunda

 

Sebanyak 11 gereja di Kota Makassar menjadi prioritas pengamanan karena pertimbangan utama, kondisi jemaat yang tiap tahunnya jumlahnya terus mengalami peningkatan.

Sebagian besar gereja yang disterilisasi terletak di jalur-jalur strategis di Kota Makassar. Empat ekor anjing K-9 diterjunkan langsung untuk mensterilkan kawasan gereja.

"Gereja dalam kota Makassar yang menjadi prioritas pengamanan, dengan anjing pelacak spesifikasi pelacakan bahan peledak,” katanya.

Dicky menuturkan, sterilisasi ditujukan untuk memastikan keamanan gereja dari ancaman terorisme. Sehingga, jemaat bisa melaksanakan ibadah dengan tenang dan nyaman. 

“Setiap sudut ruangan gereja diperiksa dengan seksama guna memastikan keamanan. Hasil pelaksanaan, tidak menemukan sesuatu benda atau barang sejenisnya yang mencurigakan. Selain anjing pelacak, ada tim Jihandak dan Gegana dari Brimob Polda Sulsel yang disiagakan. Ditambah pengamanan secara terbuka dan tertutup di seluruh gereja di Kota Makassar," tambahnya.

Kompas TV Bagaimana Kementerian Perhubungan memastikan sarana dan prasarana transportasi dapat beroperasi normal pasca tsunami yang menghantam wilayah pesisir Selat Sunda pada 22 Desember lalu? Sejauh mana persiapan Kementerian Perhubungan menyiasati puncak mudik Natal dan Tahun Baru? Kita bahas bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com