Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu dan Anak Korban Tsunami Selat Sunda Dimakamkan di Ciamis

Kompas.com - 24/12/2018, 15:30 WIB
Candra Nugraha,
Khairina

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Dua korban tsunami Selat Sunda, Irma Komala dan anaknya M Syabiq Nasri dimakamkan di pemakaman keluarga di Dusun Rancautama, Desa Pawindan, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (24/12/2018), pukul 11.45 WIB.

Ibu dan anak ini, dimakamkan secara berdampingan.

Pantauan di lokasi, jenazah Irma dimakamkan terlebih dahulu. Setelah jenazah dikuburkan, keluarga memakamkan jenazah Syabiq.

Suasana haru menyelimuti para keluarga saat prosesi pemakaman kedua korban. Khususnya M Nursyabani, anak sulung pasangan Irma Komala dan Iwan Kuswandi yang harus kehilangan ayah, ibu dan adik tercintanya.

Baca juga: 15 Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Dibawa ke RSUD Tarakan

Saat jenazah ibu dan adiknya dimakamkan, Bani, panggilan akrab M Nursyabani tak kuasa menahan air mata. Dia pun dipeluk erat-erat oleh sang kakek, Mahpudin.

Usai pemakaman, Bani mengatakan, jenazah ayahandanya, Iwan, belum ditemukan hingga sekarang.

"Semoga (Ayah) cepat ketemu. Jika meninggal, semoga masuk surga," katanya dengan nada lirih saat ditemui di komplek pemakaman keluarga.

Saat kejadian, menurut Bani, ia dan keluarganya sedang liburan di Tanjung Lesung. Malam itu, mereka usai menyantap hidangan makan malam di sebuah hotel.

"Tiba-tiba mati lampu. Lalu ada ombak besar. Kami panik dan lari menyelamatkan diri," ujar Bani.

Saat menyelamatkan diri, Bani tidak terkena air laut. Namun ayah, ibu dan adiknya tergulung ombak.

"Ayah, ibu tidak terlihat karena kondisi gelap. Saya menyelamatkan diri ke bukit," kata dia. 

Kompas TV Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan akan meninjau lagi untuk para korban sehingga apa yang dibutuhkan dan apa yang bisa dilakukan untuk penanganan lebih tepat sasaran. Sistem penanganan sudah berjalan baik, nanti jika diperlukan tambahan dokter seperti dokter tulang maka akan dibantu dari kota lain. Sementara untuk penanganan di Lampung, Menkes bersama Panglima TNI, Menko PMK, Menteri PUPR, dan Mensos baru akan meninjau pada Selasa (25/12).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com