Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Flu dan Tetanus, Bio Farma Kirim Vaksin ke Lokasi Tsunami

Kompas.com - 24/12/2018, 11:58 WIB
Reni Susanti,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.comBio Farma mengirimkan tim medis dan ambulans ke lokasi bencana tsunami di Selat Sunda, Minggu (23/12/2018) malam.

Selain itu, tim mengirimkan bantuan vaksin flu, tetanus dan difteri (Td), dan Anti Tetanus Serum (ATS) serta obat-obatan lainnya ke RSUD Pandeglang.

“Tim Bio Farma sendiri langsung ke lokasi untuk menyuntikkan vaksin ke relawan,” ujar Kepala Divisi Pengelolaan Lingkungan dan Sosial, Hadianto dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (24/12/2018)

Hadianto menjelaskan, pihaknya akan membantu tim relawan bencana tsunami di Selat Sunda. Vaksin yang dibawa terdiri dari 200 dosis vaksin flu, 200 dosis vaksin Td, dan Anti Tetanus Serum (ATS )1500, 200 dosis.

Baca juga: 8 Fakta Tsunami Selat Sunda, Pemicu Kejadian hingga Korban Jiwa

Td atau Tetanus Difteri diberikan untuk mencegah penyakit tetanus. Sebab di daerah yang terkena bencana, biasanya berserakan paku-paku atau besi berkarat yang berasal dari bangunan-bangunan yang rubuh.

Di besi berkarat dan paku itu, tidak menutup kemungkinan ada bakteri tetanus. Kemudian ATS (Anti Tetanus Serum) diberikan kepada orang yang diduga terkena penyakit tetanus.Sedangkan vaksin flu untuk mencegah flu.

Baca juga: 4.761 Pengungsi Tsunami Selat Sunda di Pandeglang Tersebar di 9 Kecamatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com