Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk Diduga Sebabkan Kapal Wisata di Pulau Padar Tenggelam

Kompas.com - 23/12/2018, 17:29 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi


LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kapal wisata KM Lahila tenggelam di wilayah perairan Pulau Padar, Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (23/12/2018).

Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, mengatakan, penyebab karamnya kapal itu diduga akibat cuaca buruk.

"Untuk penyebab kejadian dan hilangnya korban akan kita dalami, apakah karena faktor cuaca atau human error. Tapi dugaan sementara akibat cuaca buruk," ungkap Julisa kepada Kompas.com, Minggu sore.

Menurut Julisa, dari 11 orang wisatawan yang menumpang kapal itu, sembilan orang berhasil dievakuasi. Sedangkan dua orang lainnya masih hilang.

Baca juga: Kapal Wisata Tenggelam di Pulau Padar, 6 Wisatawan Hilang

Dua orang yang hilang itu, lanjut Julisa, yakni Dr Yudi Prayudi dan Gregorius, yang diketahui adalah seorang pemandu wisata.

"Bangkai kapalnya sedang ditarik oleh sejumlah pihak terkait,"ucap Julisa.

Sembilan orang korban yang berhasil selamat, dievakuasi ke Labuan Bajo dan mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Siloam.

Sebelumnya dilaporkan, dari 11 penumpang kapal itu enam orang yang hilang. Dalam laporan terbaru, empat orang telah ditemukan.

Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edi Suryono mengatakan, kapal itu dinahkodai oleh Sudarlim dan tiga orang kru kapal masing-masing Nurtin, Hartono, dan Elias.

Sedangkan 11 orang wisatawan domestik sebut Edi, antara lain Dr Yudi Prayudi, Dr Tyas Priyayi, Sekar Ayu Padmadhani, Raditya Arif Pambudi, Pramathya Hadi Wicaksono, Ervin, dan Grogorius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com