Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Maritim: Waspada Gelombang Tinggi sampai 26 Desember 2018

Kompas.com - 23/12/2018, 14:19 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah,
Khairina

Tim Redaksi

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Maritim (BMKGM) Lampung memperingatkan agar waspada terjadinya gelombang tinggi sampai 26 Desember mendatang.

Menurut Prakirawan BMKG Maritim Lampung Ahmad Raflie Pahlevi, gelombang pasang terjadi pada pukul 18.00-22.00 WIB dengan ketinggian maksimum 2,50 meter.

Pihaknya menghimbau untuk tidak melakukan penyeberangan laut pada malam hari.

Gelombang tinggi terjadi di wilayah perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Lampung, Selat Sunda bagian utara, Selat Sunda bagian selatan dan perairan timur Lampung.

"Terdapat tekanan yang cukup signifikan di belahan bumi utara dengan belahan bumi selatan menyebabkan peningkatan kecepatan angin di wilayah perairan Lampung," kata Ahmad Raflie Pahlevi pada Minggu (23/12/2018).

Baca juga: BMKG: Ada Dua Pemicu Gelombang Tsunami Banten Capai 2 Meter

Menurutnya, kecepatan angin melebihi 20 knot di perairan Lampung dan gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari ketinggian yang diperkirakan.

Pihaknya mengimbau untuk masyarakat yang berada di pesisir pantai tetap tenang dan menjaga kewaspadaan khususnya pada malam hari karena ada potensi pasang maksimum kembali pada pukul 18.00 - 21.00 WIB

"Untuk masyarakat yang ingin melakukan penyebrangan Merak-Bakauheni atau sebaliknya dihimbau untuk melakukan penyebrangan pada pagi dan siang hari dan menghindari melakukan penyebrangan pada malam hari," ujarnya.

Kompas TV Muhammad Sadly Deputi Bidang Geofisika menjelaskan berdasarkan data BMKG tsunami termonitor terjadi di Serang di Pantai Jambu tercatat tsunami terjadi pada pukul 21.27WIB dengan ketinggian 0,9 meter. Kemudian di Banten di Pelabuhan Ciwandan terjadi pada pukul 21,03 WIB dengan ketinggian 0,35 meter, di Kota Agung, Bandar Lampung pada 21.31 dengan ketinggian 0,26 meter, dan Pelabuhan Panjang, Lampung pada 21.53 WIB dengan ketinggian 0,28 meter.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com