Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trans Jawa Terkoneksi, Tol Jombang-Mojokerto Dipasang "Smart Camera"

Kompas.com - 21/12/2018, 20:42 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - PT Astra Infra Solutions (AIS), selaku pelaksana operasional jalan tol ruas Jombang-Mojokerto, berencana memasang kamera pemantau guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol.

Chief Astra Infra Solutions, Krist Ade Sudiyono mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan berbagai terobosan guna meningkatkan pelayanan operasional jalan tol.

Upaya untuk meningkatkan kepuasan pengguna jalan tol Jombang-Mojokerto, salah satunya dengan mempersiapkan alat pemantau tol dengan sistem yang terintegrasi.

Menurut Sudiyono, pemasangan kamera pemantau yang terintegrasi dengan kantor pelayanan jalan tol, nantinya akan memudahkan pelayanan kepada pengguna jalan tol.

"Ini sedang kita jajaki. Kalau di ruas lain kita sudah pasang, di sini (ruas tol Jombang-Mojokerto) sudah terpasang di beberapa titik strategis," kata Krist Ade Sudiyono, Jumat (21/12/2018).

Dia mengungkapkan, salah satu ruas jalan yang sudah dipasang smart camera adalah ruas jalan tol Merak-Tangerang. Total kamera yang terpasang pada 145 titik dari panjang jalan tol sepanjang 72 kilometer.

Baca juga: Ada Tol Trans Jawa, Jarak Jakarta ke Weleri Kendal hanya 5 Jam

Di ruas jalan Tol Jombang-Mojokerto, lanjut Sudiyono, ditargetkan bisa dipasang 1 kamera pemantau di setiap 1 kilometer.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa diwujudkan, di jalan tol ini nantinya kita pasang smart camera," katanya.

Jalan tol Jombang-Mojokerto merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa. Tol sepanjang 40,5 kilometer ini menghubungkan bagian barat Kabupaten Jombang dengan bagian utara Kabupaten Mojokerto.

Sejak September 2017, jalan tol Jombang-Mojokerto beroperasi penuh setelah pembangunan seksi 2, 3, dan 4.

Sedangkan untuk seksi 1, baru diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis (20/12/2018), bersamaan dengan peresmian 3 ruas tol lainnya di Jawa Timur.

Dengan peresmian kemarin, seluruh bagian jalan tol Jombang-Mojokerto sudah bisa dioperasikan penuh. Sedangkan secara keseluruhan, jalan tol Trans Jawa sudah tersambung dari Merak hingga Grati, Pasuruan, Jawa Timur.

Prosesi penandatanganan kerjasama peralihan pelaksana operasional jalan tol Jombang-Mojokerto di Kantor PT MHI Jombang, Jumat (21/12/2018).KOMPAS.com/MOH. SYAFII Prosesi penandatanganan kerjasama peralihan pelaksana operasional jalan tol Jombang-Mojokerto di Kantor PT MHI Jombang, Jumat (21/12/2018).
Peralihan pelaksana operasional

Pengelolaan operasional jalan tol Jombang-Mojokerto mengalami peralihan dari pengelola sebelumnya kepada Astra Infra Solutions (AIS).

Sebelumnya, operasional jalan tol dipegang langsung PT Marga Harjaya Infrastruktur (PT MHI) atau Astra Infra Toll Road, selaku pemegang konsesi ruas jalan tol Jombang-Mojokerto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com