Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha Pertamina Tingkatkan Produksi Minyak Sumur Tua di Kalsel

Kompas.com - 21/12/2018, 14:05 WIB
Aprillia Ika

Editor

TANJUNG, KOMPAS.com - PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero), mendorong produksi minyak di area operasi Asset 5 tepatnya di Lapangan Tanjung, di Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Pertamina EP resmi menerapkan metode perolehan minyak tahap lanjut (Enhanced Oil Recovery/EOR) dengan metode polymer flooding.

Umumnya, EOR diterapkan pada lapangan yang telah cukup lama diproduksikan (mature field) atau sumur tua dengan tujuan mengambil minyak tersisa yang tidak dapat diproduksikan dengan metode perolehan primer dan sekunder (water flooding).

"Cadangan terbukti (minyak) dengan tingkat kesulitan eksplorasi terendah praktis kini telah habis dieksploitasi dan menyisakan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Karena itu, diperlukan teknologi yang lebih canggih. Salah satunya dengan EOR," kata Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf melalui rilis ke Kompas.com, Jumat (21/12/2018).

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Jatim, Bali, NTB, NTT Aman

Menurut dia, EOR dapat meningkatkan jumlah minyak diekstrak dari ladang minyak mencapai 30-60 persen, dibandingkan 20-40 persen dengan menggunakan metode pengangkatan primer dan sekunder.

Sejak 2016, Pertamina EP telah melakukan studi laboratorium dengan bantuan pakar-pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Uji laboratorium bertujuan untuk mendapatkan polymer yang tepat dan efisien untuk digunakan di Lapangan Tanjung.

Jafee Arizon Suhardin, Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) menambahkan, EOR adalah metode perolehan minyak tahap lanjut dengan cara menambahkan energi berupa dari material atau fluida khusus yang tidak terdapat dalam reservoir minyak.

"Kita kekurangan produksi, bukan kekurangan minyak. Minyaknya ada, tapi kita butuh teknologi untuk mengangkat minyak, salah satunya dengan EOR," terang Jafee.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Jateng-DIY Tambah Pasokan BBM

Selain Lapangan Tanjung, empat lapangan lainnya yang dikelola Pertamina EP Asset 5 adalah Sangasanga dan Sangatta di Kalimantan Timur serta Tarakan dan Bunyu di Kalimantan Utara.

Produksi minyak di Lapangan Tanjung hingga Desember mencapai 3.254 BOPD dan realisasi gas mencapai 1.098,99 MMSCFD. Sedangkan untuk Pertamina EP Asset 5 secara keseluruhan, produksi minyak berada di kisaran 18.252 BOPD. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com