Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Daop 7 Madiun Siapkan 10 KA Tambahan

Kompas.com - 20/12/2018, 14:58 WIB
Muhlis Al Alawi,
Khairina

Tim Redaksi


MADIUN, KOMPAS.com — Puncak angkutan penumpang Natal dan Tahun Baru 2018/2019 di wilayah Daop 7 Madiun diperkirakan berlangsung Jumat (21/12/2018) dan Senin (31/12/2018).

Penumpang selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru di wilayah Daop 7 Madiun berjumlah 33.955 orang.

"Jumlah penumpang dari stasiun se-Daop 7 Madiun sebanyak 33.955 orang. Masa angkutan Natal dan Tahun Baru untuk tahun ini diprediksi mengalami peningkatan sebesar 4 persen," kata Kepala Daop 7 Madiun Heri Siswanto kepada Kompas.com, Rabu ( 19 / 12/2018).

Baca juga: Rel Kereta Api di Vietnam Jadi Tempat Selfie Turis

Siswanto mengatakan, masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 ini, Daop 7 Madiun mengoperasikan 50 perjalanan KA reguler dan 24 KA lokal.

Selain itu, terdapat 10 KA tambahan yaitu Gajayana Tambahan relasi Gambir-Malang (PP), Sancaka Tambahan relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng (PP), Brantas Tambahan relasi Pasarsenen-Blitar (PP), Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng (PP), dan Matarmaja Tambahan relasi Pasarsenen-Malang (PP).

Untuk ketersediaan tempat duduk, kata Siswanto, hingga 18 Desember 2018 lalu KA tambahan masih tersedia sebanyak 23 persen. Sementara KA reguler masih tersedia 28 persen tempat duduk.

Tak hanya itu, kata Siswanto, pihaknya juga menyiapkan 9 unit lokomotif cadangan yang terdiri dari 5 lokomotif jenis CC 201 dan empat lokomotif jenis CC 203.

Selain lokomotif cadangan, pihaknya juga menyiagakan 7 unit kereta cadangan.

Selain persiapan kereta dan lokomotif, lanjut Siswanto, Daop 7 Madiun telah menyiapkan jalur rel yang ada.

Dengan demikian, kereta bisa melaju dengan kecepatan normal tanpa pengurangan kecepatan.

"Persiapan itu kami lakukan dengan perawatan dan perbaikan kondisi tubuh ban jalur rel. Selain itu, wesel pemindah jalur secara rutin serta normalisasi drainase sepanjang jalur rel.

Terkait jumlah personil yang dilibatkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, Daop 7 Madiun juga menyiagakan 363 personel keamanan.

Rinciannya, 101 personel polsuska, 210 personel keamanan, dan bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 52 personel. 

Kompas TV Kecelakaan antara kereta api Gajah Wong dan sebuah sepeda motor yang dikendarai dua orang remaja terjadi di perlintasan tanpa palang pintu di Wates Kulonprogo. Akibat tabrakan sepeda motor terseret sejauh 20 meter dan kedua remaja mengalami luka berat serta harus dirawat di RSUD Wates. Diduga kecelakaan terjadi akibat kedua pengendara motor yang melintas dalam kondisi lengah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com