Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Akhir Tahun, Polisi dan BNN Cek Urine Mendadak Sopir Bus

Kompas.com - 20/12/2018, 13:42 WIB
Irwan Nugraha,
Khairina

Tim Redaksi


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Tasikmalaya bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar operasi dadakan tes urine sopir dan kondektur bus di pool Primajasa, Kota Tasikmalaya, Kamis (20/12/2018).

Kegiatan dadakan ini ditujukan bagi para awak bus sebagai faktor penting untuk menjaga keselamatan penumpang dalam perjalanan di musim liburan Natal dan Tahun Baru.

"Tes urine dan cek kendaraan kami lakukan sebagai bagian dari Operasi Lilin Lodaya. Selain tes urine, tes kesehatan awak bus diperiksa karena untuk menjamin keselamatan penumpang," jelas Wakil Kepala Polres Kota Tasikmalaya Kompol Widi Setiawan, di pool Bus Primajasa, Tasikmalaya, Kamis (20/12/2018).

Baca juga: Ratusan Petugas PPSU Ikuti Tes Urine di Jakarta Utara

Widi menambahkan, hasil tes urine ini akan langsung diketahui setelah para awak bus dites urine dan kesehatannya.

Apabila sampai ditemukan para awak bus yang positif narkoba atau kesehatannya tak layak, pihaknya pun akan langsung berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Apabila ditemukan, kami koordinasikan dengan instansi terkait untuk mengambil tindakan supaya awak bus diistirahatkan dan dilarang mengemudi," ujar dia.

Sampai operasi ini digelar, lanjut Widi, pihaknya belum menemukan awak bus yang positif.

Tim gabungan pun bergerak kembali ke pool bus Budiman, yang lokasinya tak jauh dari pool sebelumnya.

Di tempat yang sama, tim pun belum menemukan hasil negatif dari para awak bus yang diperiksa secara langsung di kantor perusahaan bus tersebut.

"Sampai sekarang belum ditemukan kejanggalan dan awak bus bisa melaksanakan tugasnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi P2N BNN Kota Tasikmalaya Giman Sugiman, membenarkan langkahnya bersama kepolisian untuk memberikan rasa aman kepada para penumpang.

Apalagi, jumlah penumpang semakin bertambah menjelang Natal dan Tahun baru saat ini. Tes ini diharapkan juga akan menjadi perhatian khusus kepada awak bus yang akan membawa armada dan keselamatan para penumpangnya.

"Tes urine ini diharapkan akan menjadi perhatian serius bagi para sopir dan awak bus yang tak memperhatikan keselamatannya dan keselamatan orang lain," pungkasnya. 

Kompas TV Semua pengemudi angkutan umum dan tenaga bantu di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang,
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com