Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Tengah Sumedang Rawan Longsor, Jalur Selatan Rawan Banjir 

Kompas.com - 20/12/2018, 11:25 WIB
Aam Aminullah,
Khairina

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Jalur tengah Jawa Barat di wilayah Kabupaten Sumedang, tepatnya di sepanjang jalur Cadas Pangeran rawan longsor.

Sedangkan jalur selatan Jawa Barat menuju sejumlah obyek wisata seperti Garut hingga Pangandaran rawan tersendat macet oleh banjir di sekitar kawasan pabrik tekstile PT Kahatex.

Guna mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi di dua jalur rawan tersebut jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, Polres Sumedang menyiagakan 527 personel.

Aparat kepolisian akan dibantu 250 personel TNI dari satuan Kodim 0610/Sumedang, Subdenpom Sumedang hingga seluruh ormas yang ada di wilayah Sumedang.

Baca juga: Tanggul Kali Cakung Bekasi Jebol, Warga Khawatir Jadi Rawan Banjir

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru di wilayah Sumedang, pihaknya siaga di jalur rawan kemacetan di wilayah rawan longsor Cadaspangeran dan lokasi rawan banjir di sekitar pabrik Kahatex.

"Untuk banjir di Kahatex mudah-mudahan tidak terjadi lagi. Kemarin memang sempat banjir tapi karena sungai di sekitar Kahatex belum siap. Tapi dalam seminggu ini kami melihat, meskipun hujan terus-terusan terjadi tapi tidak lagi banjir di sana," ujarnya kepada Kompas.com usai memimpin Gelar Pasukan Ops Lilin Lodaya 2018 di Mapolres Sumedang, Kamis (20/12/2018).

Kapolres menuturkan, jika memang terjadi banjir saat libur Natal dan Tahun Baru 2019 tiba, pihaknya memastikan telah melakukan persiapan untuk mengantisipasinya.

"Kalau pun terjadi banjir lagi, kami pastikan dari kepolisian, TNI, Basarnas dan unsur terkait ada di sana (Kahatex) untuk penanganan banjir dan pengaturan lalu lintas agar tidak tersendat," tuturnya.

Kapolres menyebutkan, antisipasi lain telah disiapkan andai genangan banjir di sekitar lokasi PT Kahatex tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan.

"Jika genangan banjir masih di batas 40 sentimeter, masih bisa dilewati. Kalau genangan banjir sampai 1 meter baru kami tutup, dan berlakukan rekayasa lalu lintas," sebutnya.

Kapolres menambahkan, rekayasa lalu lintas meliputi pengalihan jalur. Di mana, kendaraan dari arah Bandung akan dialihkan dari jalur Cileunyi, menuju Jatinangor dan masuk ke Jalan Simpang-Parakanmuncang, lalu tembus menuju Jalan Raya Bandung-Garut.

"Begitu pula dari arah sebaliknya, arus lalu lintas akan dialihkan dari jalur Jalan Simpang-Parakanmuncang menuju Jatinangor dan tembus ke Cileunyi," katanya.

Untuk mengantisipasi longsor di sekitar kawasan Cadas Pangeran, selain menyiapkan personel, Polres Sumedang juga akan menyiagakan alat berat di sekitar lokasi.

Kompas TV Sebanyak 2.065 kotak suara berbahan kardus yang ada di gudang logistik KPUD Kabupaten Badung Bali rusak. Kerusakan ini terjadi akibat gudang logistik terendam banjir. Selain kotak suara banjir juga merusak 110 bilik suara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com