Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Botol Miras Dimusnahkan di Kota Santri Jelang Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 20/12/2018, 11:09 WIB
Irwan Nugraha,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Polres Kota Tasikmalaya bersama pemerintah daerah setempat memusnahkan ribuan botol minuman keras berbagai merek menjelang peringatan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019.

Miras tersebut hasil operasi dari para penjual yang masih bandel dengan berbagai cara penjualan di beberapa wilayah Kota Tasikmalaya.

“Ini hasil operasi penertiban minuman keras yang membahayakan para generasi muda saat ini,” kata Kepala Polres Kota Tasikmalaya AKBP Febry Maruf, di Mako Polres Kota Tasikmalaya, Kamis (20/12/2018).

Baca juga: Usai Tenggak Miras, Seorang Lelaki Tewas Ditikam oleh Teman Minumnya

Febry mengatakan, pihaknya mengakui kalau permasalahan peredaran miras di wilayahnya agak signifikan dan membahayakan. Soalnya, pengaruh miras ini bisa menjadi pemicu perbuatan kriminalitas.

“Yang lebih bahaya lagi miras ini bisa merenggut nyawa para generasi muda dengan banyak beredarnya miras oplosan,” tambah dia.

Dengan demikian, pihaknya mengajak kepada seluruh stakeholder dan semua lapisan masyarakat, untuk bersinergi melawan peredaran miras di Kota Tasikmalaya. Masyarakat harus peka bahwa peredaran dan penggunaan miras sangat berbahaya.

“Jelas sekali kalau Miras sangat dilarang oleh Agama Islam. Peredaran miras pun sebetulnya bukan hanya tugas dari kepolisian saja, tapi masyarakat pun harus peka akan potensi bahaya bagi generasi muda Bangsa ini,” ujar dia.

Baca juga: Ratusan Jerigen Miras Jenis Tuak Gagal Beredar di Kota Bandung.

Di wilayah Kota Tasikmalaya, peredaran miras biasanya dijual dengan berbagai cara. Mulai dari berkedok penjual jamu, berkumpul dengan anak nongkrong dan sebagainya.

Sehingga, pihaknya terus melakukan pencegahan bagi mereka yang masih nekat untuk menjual miras di wilayah ini.

“Modus mereka banyak dan dimanipulasi dengan kegiatan penjualan lainnya,” ucap dia.

Dalam kesempatan ini, miras yang dimusnahkan sekitar 1.000, termasuk jenis arak dan beberapa jenis miras merek luar palsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com