Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Aceh Tangkap Buaya Pemangsa Hewan Ternak

Kompas.com - 20/12/2018, 05:40 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH TAMIANG, KOMPAS.comMasyarakat Desa Paya Udang, Kecamatan Seurway, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (19/12/2018), dilaporkan menangkap seekor buaya muara yang baru saja memakan hewan ternak warga di desa itu.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, Sapto Aji menyebut, awalnya masyarakat melihat buaya tersebut memangsa ternak kambing milik Pendi di desa tersebut.

Baca juga: Seorang Siswi SD Tewas Diterkam Buaya di Belakang Rumahnya

“Lokasi itu berada di areal perkebunan sawit. Warga lalu bersama-sama menangkap buaya muara itu, seterusnya melaporkan ke Muspika Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang,” kata Sapto.

Buaya berjenis kelamin betina itu diperkirakan memiliki panjang 2,5 meter. Setelah ditemukan, warga langsung menyerahkan buaya tersebut ke BKSDA Resor 12, di Kota Langsa.

“Malam ini, rencana buaya itu kita bawa dan dititipkan di Lembaga Konservasi Taman Rusa, di Sibreh, Aceh Besar,” sebut Sapto.

Baca juga: Seekor Anak Buaya Ditemukan Warga Tambun Selatan di Empang

Dia mengapresiasi tindakan masyarakat menangkap buaya dan tidak menganiaya hewan yang dilindungi tersebut. “Seterusnya buaya itu akan dirawat di Aceh Besar,” tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com