Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal dan Tahun Baru, Tol Pandaan-Malang Dibuka Fungsional

Kompas.com - 19/12/2018, 13:17 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Ruas Tol Pandaan-Malang akan dibuka fungsional saat angkutan Natal dan Tahun Baru 2019. Pembukaan ruas tol baru itu untuk mengurangi kemacetan di jalur Pandaan-Malang dan sebaliknya.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo mengatakan, Tol Pandaan-Malang berlaku fungsional selama 10 hari sejak 21 Desember hingga 1 Januari 2019.

"Waktu operasionalnya hanya dari pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore, karena kalau malam hari belum ada lampu penerangannya," katanya, Selasa (18/12/2018).

Baca juga: Proyek Jalan Tol Pandaan-Malang Dapat Pembiayaan Sindikasi Rp 1,35 Triliun

Ruas tol yang difungsikan kata dia, dari pintu tol Pandaan Pasuruan sampai Karanglo Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, sepanjang 30 kilometer, dan sebaliknya.

"Untuk sementara, yang boleh melewati tol fungsional hanya kendaran golongan I, dan kecepatan saat melintas maksimal 40 kilometer per jam," terangnya.

Tol Pandaan - Malang terdiri dari lima seksi dengan nilai investasi mencapai Rp 5,97 triliun. Seksi 1 Pandaan-Purwodadi, seksi 2 Purwodadi-Lawang, seksi 3 Lawang-Singosari, seksi 4 Singosari-Pakis, dan seksi 5 Pakis-Malang.

Tol Pandaan - Malang dibangun sepanjang 38,48 kilometer itu ditargetkan beroperasi pada triwulan pertama Tahun 2019. Sementara hingga saat ini, progres konstruksi secara keseluruhan masih mencapai 75 persen. 

Kompas TV Dalam kunjungan kerjanya ke Aceh, Presiden Joko Widodo melaksanakan peletakan batu pertama jalan Tol Aceh, Jumat (14/12). Pada tahapini, jalan tol akan dibangun dari Blang Bintang, Aceh Besar hingga Sigli.<br /> <br /> Tol Sigli-Banda Aceh akan dibangun dengan panjang total 74 kilometer dengan biaya investasi Rp 12,35 triliun. PembangunanTol Banda Aceh-Sigli akan dilakukan 6 tahap.<br /> <br /> Setelah melakukan peletakan batu pertama Tol Aceh, Presiden Joko Widodo berserta rombongan akan bertolakke Pekanbaru.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com