Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Lonjakan Penumpang, KAI Divre III Palembang Siapkan 50.580 Tiket

Kompas.com - 17/12/2018, 18:33 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III wilayah Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan sebanyak 50.580 tiket menjelang terjadinya lonjakan penumpang yang diprediksi akan terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

Juru bicara PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, jumlah tiket yang disiapkan itu mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017. Tahun lalu, hanya 45.934 tiket.

Saat ini, menurut Aida, sudah 70 persen tiket kereta terjual menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 yang tinggal beberapa hari lagi.

"Untuk posko arus mudik Natal dan Tahun Baru disiapkan pada 20 Desember 2018 nanti. Sekarang sudah 70 persen tiket terjual," kata Aida, Senin (17/12/2018).

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Daop I Sediakan 79 Perjalanan Kereta Api

Posko tersebut, sambung Aida akan difungsikan untuk melayani para penumpang selama arus mudik Natal dan Tahun Baru berlangsung hingga (6/12/2018) nanti.

"Sekarang untuk posko masih dipersiapkan, para penumpang diharapkan tidak membeli tiket melalui calo," ujarnya.

Selain itu, para penumpang pun diimbau untuk tidak memakai perhiasan berlebihan selama melakukan perjalanan agar meminimalisir tindak kejahatan oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Dalam aturan pengangkutan juga penumpang hanya diperbolehkan membawa maksimal barang bawaan maksimal 20 kilogram atau dimensi barang tidak lebih dari 1 meter. Jika lebih akan diberikan biaya tambahan," jelasnya.

Kompas TV Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro melakukan inspeksi di Stasiun Kota Baru, Malang.<br /> <br /> Edi mengecek kesiapan stasiun jelang libur natal dan tahun baru.<br /> <br /> Di stasiun, selain kesiapan personel, Edi Sukmoro juga mengeceksejumlah fasilitas, sepertiruang kesehatan,ruang laktasi, dan tempat check in tiket.<br /> <br /> Dalam inspeksi ini, setiap kepala daerah operasional menyampaikan laporan, termasuksejumlahtitik rawanlongsor dan banjir yang bisa mengganggu jadwal perjalanan kereta selamalibur natal dan tahun baru.<br /> <br /> Untuk antisipasi lonjakan penumpang, PT KAI juga memastikan adanya tambahan armada sebanyak empat persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com