Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Suara Aneh di Langit Pekalongan, BMKG: Itu Suara Pesawat

Kompas.com - 14/12/2018, 19:55 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpendapat soal suara misterius yang terdengar di langit pantai utara Jawa Tengah. Menurut BMKG, hal itu bukan faktor alam, melainkan hanya suara pesawat saja.

"Pendapat kami itu suara pesawat terbang yang sedang melintas," kata Kepala Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang, Tuban Wiyoso, saat dikonfirmasi, Jumat (14/12/2018) malam.

Tuban memastikan bahwa suara misterius yang sempat terdengar pada Jumat dini hari bukan fenomena alam.

Baca juga: Maskapai Rute Atlanta-London Dibuat Bingung dengan Suara Misterius

Ditambahkannya, suara pesawat seperti apa yang menghasilkan suara itu yang dapat menjelaskan adalah pihak Airnav Indonesia, karena mengawasi dan mengontrol ruang udara.

"Terkait dengan pesawat melintas di wilayah tersebut silahkan ditanya di Airnav Bandara. Terima kasih," ucapnya.

Namun, saat Kompas.com menghubungi General Manager Airnav Indonesia Cabang Semarang Kristanto, yang bersangkutan belum menjawab atas konfirmasi atas fenomena ini.

Sebelumnya, warga di sekitar Pekalongan dan sekitarnya, mengaku digemparkan oleh raungan suara misterius yang menggaung di langit. Suara yang terdengar itu semacam suara pesawat kuno di langit.

Suara itu didengar merata oleh warga. Suara itu terdengar pada Jumat (14/12/2018) dini hari pukul 01.00 WIB. Suara terdengar selama kurang lebih 20 detik. 

Kompas TV Hampir setiap hari belakangan ini di Jakarta dan juga sejumlah daerah terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang bahkan menimbulkan dampak lanjutannya seperti banjir, pohon tumbang, bahkan ada bangunan rusak akibat tersapu angin kencang dan puting beliung. Nah, diprediksi fenomena cuaca ekstrem ini masih akan berlangsung hingga beberapa waktu ke depan.<br /> <br /> Seperti apa prediksi cuaca ke depan dan bagaimana mengantisipasi dampaknya? Simak bahasannya dalam Sapa Indonesia bersama Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra dan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com