Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tambah Pasokan BBM di Pintu Tol dan Daerah Tujuan Wisata

Kompas.com - 13/12/2018, 08:56 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan pemerintah bakal menambah pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama libur Natal dan Tahun Baru.

Penambahan pasokan ini difokuskan di pintu masuk dan keluar jalan tol serta daerah tujuan wisata.

"Menambah pasokan BBM selama libur Natal dan Tahun baru. Mungkin kalau selama periode Natal dan Tahun Baru, berdasarkan tahun lalu naiknya 7 hingga 8 persen, " ujar Ignasius Jonan, Rabu (12/12/2018).

Baca juga: Truk Tangki Pertamina Terperosok, BBM Tumpah dan Jadi Rebutan Warga

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, penambahan volume BBM tersebut akan difokuskan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Terutama SPBU di jalur yang biasa dilalui masyarakat untuk berlibur.

"Fokusnya pintu masuk dan keluar jalan tol. Sekarang Tol Trans Jawa sudah selesai, volume BBM di pintu masuk dan keluarnya ditambah," urainya. 

"Kami yakin selama Natal dan Tahun Baru banyak orang bepergian melalui jalan Tol Trans Jawa," imbuhnya

Selain itu, lanjutnya, fokus kedua adalah wilayah yang menurut prediksi akan dikunjungi atau dipadati wisatawan selama musim libur Natal dan Tahun baru. Wilayah tersebut misalnya Yogyakarta atau Bali.

"Lokasi wisata yang baru, Labuan Bajo misalnya, mungkin yang harus ditingkatkan pasok avtur, karena frekuensi penerbangannya akan bertambah. Jadi biasanya tempat wisata dan jalur tol," tegasnya. 

Kompas TV Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang pun tergerak untuk menjadi solusi bagi sampah plastik. Salah satunya mencoba mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak sejenis premium. Meski belum diketahui kadar oktannya hasil penyulingan bahan bakar dari sampah plastik ini mampu menggerakkan mesin genset. Walaupun masih berupa prototipe alat pirolisis ini bisa mengubah 3 kilogram sampah plastik menjadi 1,5 liter bahan bakar minyak. Alat ini menggunakan metode penyulingan dengan pembakaran sekitar 3 jam dengan suhu 400 derajat celsius. Selanjutnya hasil pembakaran sampah plastik ini disalurkan melalui cerobong yang dimasukkan ke dalam oli agar tidak mencemari udara luar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com