Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta di Balik Kunjungan SBY di Gunungkidul, Menyanyi "Ojo Podo Nelongso" hingga Makan Bakso Rp 12.500

Kompas.com - 11/12/2018, 15:41 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usai mengunjungi Pacitan, Jawa Timur, Presiden Keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyempatkan diri menikmati keindahan Pantai Pulang Sawal dan Indrayanti di Gunungkidul, DIY.

Selain itu, SBY juga mencicipi bakso seharga Rp 12.000 per porsi di warung bakso "Pak Wuriyun" di Taman Parkir Wonosari. Setelah makan bakso, SBY juga berkesempatan menyalurkan salah satu hobinya, menyanyi.

Saat itu, SBY menyanyikan tiga buah lagu kenangan bersama para pengamen. Berikut sejumlah fakta dalam kunjungan SBY di Gunungkidul:

1. Kekaguman SBY terhadap Pantai Pulang Sawal dan Indrayanti

Pantai Pulang Sawal atau juga dikenal dengan Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pantai Pulang Sawal atau juga dikenal dengan Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Susilo Bambang Yudhoyono tidak bisa menyembunyikan kekagumannya terhadap keindahan Pantai Pulang Sawal dan Indrayanti. SBY juga memuji perkembangan pariwisata dan keindahan di dua pantai tersebut.

"Kemarin saya dari Pacitan (Minggu (9/12/2018) terus mampir ke Gunungkidul, tadi pagi saya ke Pantai Indrayanti, bagus sekali," kata SBY di Taman Parkir Wonosari, Senin (10/12/2018).

"Saya yakin nanti akan bisa dikembangkan dengan baik, kalau ekonomi Insya Allah makin baik, infrastruktur kita bangun, kuliner kita hidupkan akan semakin bagus," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, SBY mengaku sempat menginap di sebuah hotel di Jalan Baron, sebelum pagi harinya mengunjungi kawasan pantai.

Baca Juga: SBY Kagumi Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti di Gunungkidul

2. Pesan SBY untuk warga sekitar pantai di Gunungkidul

Pantai Pulang Sawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.BARRY KUSUMA Pantai Pulang Sawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.

Melihat begitu besar potensi keindahan pantai di Kabupaten Gunungkidul, SBY pun berpesan beberapa hal. Salah satunya dengan menjaga kelestarian lingkungan di sekitar pantai. SBY datang ke Gunungkidul didampingi istri tercintanya, Ani Yudhoyono.

"Saya pesan. Jagalah lingkungannya tetap asri, tetap hijau kalau kawasan wisata pantainya berkembang, hotelnya (kunjungannya) akan bagus," katanya.

Ketua Umum Partai Demokrat itu juga menyinggung pentingnya sektor infrastruktur di sekitar pantai, kuliner, rumah makan, dan pelayanan yang baik, termasuk lahan parkir yang luas, dan tempat mengambil foto.

Selain itu, SBY juga meminta dalam membangun suatu daerag untuk menyingkirkan terlebih dahulu kepentingan politik.

"Saya lihat bagus, tentu harus ditingkatkan. Pesan saya, pimpinan Gunungkidul, ibu bupati (Badingah) dan semuanya tidak pandang bulu partai politiknya apa, harus bersatu untuk rakyat. Saya lihat Pacitan kemarin berkembang, ini Insya Allah akan berkembang juga,” kata SBY.

Baca Juga: Usai Santap Bakso Rp 12.000 Per Porsi, SBY Bernyanyi Bersama Pengamen 

3. Kunjungan SBY di Gunungkidul tidak ada muatan politik

Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (memegang payung) menyapa warga di Taman Parkir Wonosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (10/12/2018).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (memegang payung) menyapa warga di Taman Parkir Wonosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (10/12/2018).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com